Ilustrasi dinosaurus jenis Gobiraptor minutus. (Foto: Do Yoon Kim)
Ilustrasi dinosaurus jenis Gobiraptor minutus. (Foto: Do Yoon Kim)

Dinosaurus 'Saudara Jauh' Raptor Ditemukan di Mongolia

Internasional peristiwa unik dinosaurus
Willy Haryono • 11 Februari 2019 13:22
Ulan Bator: Spesies baru dinosaurus berbentuk mirip burung dengan rahang penghancur yang khas telah ditemukan di Mongolia. Tim ilmuan menemukan fosil dinosarurus dari kelas oviraptosaurus itu di formasi geologi Nemegt di Gurun Gobi.
 
Oviraptosaurus merupakan bagian dari grup dinosaurus mirip burung yang merupakan 'saudara jauh' dari raptor. Spesies Raptor tersebut adalah yang pernah beberapa kali dimunculkan dalam film fiksi ilmiah Jurassic Park.
 
Seperti dikutip dari kantor berita 9 News, Senin 11 Februari 2019, fosil oviraptosaurus itu ditemukan tim internasional yang terdiri dari paleontolog asal Universitas Nasional Seoul, Universitas Cape Town, Institut Geologi Tiongkok dan Institut Paleontologi dan Geologi Mongolia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dinamakan Gobiraptor minutus, spesies baru oviraptosaurus ini diyakini hidup sekitar 70 tahun lalu. Karakteristik hewan ini dapat dikenali lewat rahangnya yang berbeda dari dinosaurus sejenis.
 
Tim ilmuan internasional meyakini anatomi tubuh Gobiraptor dirancang untuk lingkungan basah, karena formasi geologi di Nemegt sebagian besar terdiri dari deposit sungai dan danau.
 
Detail mengenai penemuan Gobiraptor telah dirilis dalam jurnal ilmiah PLOS ONE.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi