Ular piton Burma seberat 98 kilogram yang ditangkap di Florida, Amerika Serikat (AS). Foto: BBC
Ular piton Burma seberat 98 kilogram yang ditangkap di Florida, Amerika Serikat (AS). Foto: BBC

Ular Piton Seberat 98 Kilogram Berhasil Ditemukan di Florida, Amerika Serikat

Fajar Nugraha • 24 Juni 2022 21:13
Florida: Makanan terakhirnya adalah seekor rusa berekor putih utuh. Dia sedang dalam perjalanan ke bertemu seekor ular jantan, ketika ular piton terbesar yang pernah ditemukan di Florida, Amerika Serikat (AS) menemui ajalnya.
 
Dengan berat 98 kilogram dan panjang hampir 5 meter, ular piton Burma betina ditangkap setelah peneliti menggunakan pemandu untuk menemukannya.
 
“Dia bergulat dengan ahli biologi selama 20 menit sebelum dia takluk,” kata mereka Rabu, seperti dikutip dari BBC, Jumat 24 Juni 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ular piton telah menjadi hama di Florida sebagai ular invasif tanpa pemangsa utama, mengalahkan spesies asli.
 
Ular tersebut telah ditemukan secara berkala di negara bagian itu sejak pemilik hewan peliharaan yang tidak bertanggung jawab melepaskan atau membiarkan ular piton peliharaan melarikan diri bertahun-tahun yang lalu, dengan banyak yang kemudian berkembang biak di iklim subtropis Florida.
 
“Piton betina Burma yang memecahkan rekor yang dibunuh oleh para peneliti dari Conservancy of Southwest Florida kira-kira setinggi jerapah jika direntangkan secara vertikal,” menurut ahli biologi negara bagian Ian Bartoszek.
 
Dia  merayap di sekitar hutan Everglades Florida ketika ahli biologi, menggunakan ular piton jantan bernama Dionysus yang dilengkapi dengan pemancar radio, menemukannya.
 
Dia berhenti di suatu tempat di bagian barat hutan. "Kami tahu dia ada di sana karena suatu alasan, dan tim menemukan dia dengan wanita terbesar yang pernah kami lihat sampai saat ini," kata Bartoszek. Dia juga ditemukan hamil dengan 122 telur yang menakjubkan.
 
Ular jantan terbesar yang pernah ditemukan di sana sepanjang 4,8 meter dan dengan berat 63 kilogram.
 
Sementara ular ini diperkirakan berusia hingga 20 tahun saat ditangkap. Para peneliti telah berburu ular sanca di Florida selama lebih dari 10 tahun dalam upaya untuk melindungi spesies asli di ekosistem kawasan itu.
 
Sejak didirikan pada 2013, program python Conservancy of Southwest Florida telah memindahkan lebih dari 1.000 ular sanca dari sekitar 100 mil persegi di Florida barat daya.
 
Florida juga mengadakan kontes tahunan yang meminta bantuan masyarakat untuk berburu ular sanca. "Python Challenge" akan berlangsung dari 5 hingga 14 Agustus dan diharapkan menarik sekitar 600 peserta dari 25 negara bagian yang berbeda.
 
Hadiah termasuk USD2.500 untuk sebagian besar ular yang ditangkap, dan USD1.500 untuk ular terpanjang yang ditangkap.
 
Pemenang tahun lalu menangkap 223 ular sanca, sedangkan ular terpanjang memiliki panjang 15 kaki. Semua ular harus dibunuh secara manusiawi.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif