Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Foto Penumpang di Kokpit, Pilot Tiongkok Dilarang Terbang

Internasional peristiwa unik
Medcom • 05 November 2019 18:07
Beijing: Seorang pilot Tiongkok dilarang terbang setelah sebuah foto beredar yang menunjukkan seorang penumpang wanita berpose di kokpit dengan minuman yang yang diletakkan di sebelahnya.
 
“Foto yang diambil pada Januari dalam penerbangan Air Guilin dari kota Guilin ke kota Yangzhou, menyebabkan pihak maskapai mengambil tindakan,” kata media pemerintah.
 
Maskapai Air Guilin mengatakan dalam sebuah pernyataan, pilot tersebut telah melanggar peraturan keselamatan udara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Insiden itu terjadi pada 4 Januari dalam penerbangan pesawat GT 1011 dari Guilin ke Yangzhou,” menurut outlet media pemerintah The Global Times, seperti dikutip dari BBC, Selasa, 5 November 2019 .
 
Hal ini baru menjadi perhatian maskapai pada Minggu, setelah foto yang diduga berasal dari unggahan penumpang mulai beredar luas di situs micro-blogging, Weibo.
 
Unggahan tersebut memperlihatkan wanita itu membuat tanda ‘V’ dengan jari-jarinya dan bertuliskan, "Terima kasih kepada kapten. Sangat bahagia."
 
Wanita itu dikabarkan menjadi pramugari dalam pelatihan di universitas Guilin, menurut situs berita Chinese News Service.
 
Maskapai Air Guilin tidak merinci apakah foto tersebut diambil setelah penerbangan, tetapi pilot dan analis Cina menuturkan foto tersebut tampaknya telah diambil selama penerbangan.
 
Pilot yang tidak disebutkan namanya, telah dilarang terbang seumur hidup. Belum jelas apakah ia dipecat dari semua peran oleh maskapai atau tidak.
 
Maskapai Air Guilin mengatakan bahwa ia telah "melanggar peraturan dengan membiarkan staf yang tidak relevan masuk ke kokpit".
 
Menurut Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok, penumpang tidak diizinkan memasuki kokpit tanpa persetujuan khusus atau dalam keadaan darurat.
 
Anggota staf lain yang terlibat dalam insiden tersebut juga “diskors” selama penyelidikan lebih lanjut dilakukan.
 
"Keselamatan penumpang selalu menjadi prioritas Air Guilin. Kami mengambil pendekatan tanpa toleransi terhadap perilaku tidak pantas dan tidak profesional yang mungkin berisiko bagi keselamatan penerbangan," kata maskapai tersebut.
 
Tahun lalu, maskapai Tiongkok lainnya, Donghai Airlines, menangguhkan pilot selama enam bulan dan mencabut kualifikasinya sebagai instruktur penerbangan setelah mengizinkan istrinya masuk ke dalam kokpit.
 

 

Penulis: Fitri Nur Rizkyani
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif