Seekor singa gunung diselamatkan dari atas pohon di sebuah properti di California, AS, 17 Februari 2019. (Foto: CALIFORNIA DEPARTMENT OF FISH AND WILDLIFE)
Seekor singa gunung diselamatkan dari atas pohon di sebuah properti di California, AS, 17 Februari 2019. (Foto: CALIFORNIA DEPARTMENT OF FISH AND WILDLIFE)

Pemadam Kebakaran 'Selamatkan' Singa Gunung di Atas Pohon

Internasional satwa peristiwa unik hewan buas
Willy Haryono • 18 Februari 2019 07:17
California: Seekor singa gunung 'diselamatkan' dari atas sebuah pohon di California, Amerika Serikat, setelah seorang warga melihat hewan besar itu saat sedang beraktivitas di taman.
 
Petugas pemadam kebakaran pun merespons panggilan warga ke sebuah properti di San Bernardino. Singa gunung atau juga disbeut cougar terlihat sedang beristirahat di dahan pohon.
 
Area disterilkan, dan petugas menembakkan peluru bius ke arah singa gunung. Setelah tak sadarkan diri, singa itu diturunkan dengan alat pengaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah diperiksa tim kesehatan hewan, singa gunung itu dilepaskan kembali ke alam liar.
 
"Singa gunung muda memang biasa berkeliaran di luar habitat normalnya," ucap Kevin Brennan, seorang ahli biologi dari Departemen Perikanan dan Hewan Liar California (CDFW), seperti disitat dari laman BBC, Senin 18 Februari 2019.
 
Pemadam Kebakaran 'Selamatkan' Singa Gunung di Atas Pohon
Petugas berusaha menurunkan singa gunung di California. (Foto: CDFW)
 
Pawang hewan dari departemen tersebut, Rick Fischer, menilai upaya penyelamatan singa gunung tersebut akan berlangsung sulit jika petugas pemadam datang terlambat dan tidak membawa tangga.
 
"Membiarkan ada singa di atas pohon akan membahayakan masyarakat," tutur Fischer, dalam keterangan di akun Facebook milik Dinas Pemadam Kebakaran San Bernardino County.
 
Singa gunung, atau disebut juga cougar, panther atau puma, adalah bagian dari famili kucing liar. Mereka tinggal di seantero benua Amerika, mulai dari British Columbia hingga Argentina.
 
Pemadam Kebakaran 'Selamatkan' Singa Gunung di Atas Pohon
Singa gunung dalam kondisi terbius di California. (Foto: CDFW)
 
Serangan singa gunung terhadap manusia jarang terjadi. Menurut catatan Taman Hewan Liar Colorado (CPW), hanya ada belasan orang yang tewas diserang singa gunung dalam satu abad terakhir.
 
Sejumlah kasus serangan biasanya dilakukan singa gunung yang sakit atau kelaparan. Dalam kondisi normal, singa gunung biasanya cenderung menghindari manusia.
 
Sebelumnya pada bulan ini, seorang pria membunuh seekor singa gunung di wilayah pegunungan di Colorado utara. Ia mengaku membela diri karena diserang singa tersebut dari arah belakang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif