Ilustrasi dari spesies Kamuysaurus japonicus. (Foto: Universitas Hokkaido)
Ilustrasi dari spesies Kamuysaurus japonicus. (Foto: Universitas Hokkaido)

Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan di Jepang

Internasional dinosaurus fosil binatang purba
Medcom • 07 September 2019 11:30
Tokyo: Sekelompok Ilmuwan Jepang telahj mengidentifikasi spesies baru dinosarus dari sebuah kerangka fosil yang hampir lengkap. Dinosaurus sepanjang 8 meter ini disebut-sebut sebagai spesies terbesar yang ditemukan di Jepang.
 
Setelah menganalisis ratusan tulang berusia 72 juta tahun, tim yang dipimpin Universitas Hokkaido menyimpulkan bahwa kerangka ini berasal dari spesies baru hadrosaurid, dinosaurus pemakan tumbuh-tumbuhan yang hidup di periode Cretaceous akhir.
 
Fosil ekor hadrosaurid dari kerangka spesies terbaru ini pertama kali ditemukan di Jepang utara pada 2013. Ekskavasi lebih lanjut di area tersebut berujung pada penemuan kerangka utuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tim ilmuwan Universitas Hokkaido menamakan spesies baru ini "Kamuysaurus japonicus," yang artinya adalah "dewa naga Jepang." Tim meyakini kerangka utuh ini berasal dari Kamuysaurus berusia sembilan tahun, dengan bobot antara 4 hingga 5,3 ton.
 
Penemuan Kamyusaurus japonica ini dirilis dari jurnal "Scientific Reports."
 
"Fakta bahwa dinosaurus ini ditemukan di Jepang adalah, dulu pernah ada area penuh dinosaurus di Jepang atau di Asia Timur," ujar pemimpin tim, Yoshitsugu Kobayashi, dilansir dari laman Channel News Asia, Jumat 6 September 2019.
 
Kamuysaurus japonicus diyakini hidup di area pesisir, habitat tak biasa bagi dinosaurus pada masa itu. "Merupakan hal langka bahwa (kerangka) dinosaurus dalam kondisi terawetkan seperti ini ditemukan di Asia Timur," tutur Kobayashi kepada media AFP.
 
Spesies Baru Dinosaurus Ditemukan di Jepang
Kerangka fosil Kamuysaurus japonicus. (Foto: Universitas Hokkaido)
 
"Karena Jepang memiliki banyak deposit benda-benda laut, akan ada lebih banyak penemuan fosil dinosaurus di masa mendatang," lanjutnya.
 
Menurut pernyataan Universitas Hokkaido, riset Kobayashi dan tim meningkatkan probabilitas bahwa sejumlah spesies dinosaurus lebih senang tinggal di area dekat laut. Hal ini mengindikasikan bahwa lingkungan pesisir adalah faktor penting dalam diversifikasi dinosaurus di masa evolusi awal mereka.
 
Penulis: Rifqi Akbar
 

(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif