Medali milik seorang pengawal Nazi yang pernah diberikan oleh Adolf Hitler. Foto: Sky News.
Medali milik seorang pengawal Nazi yang pernah diberikan oleh Adolf Hitler. Foto: Sky News.

Pecahkan Rekor, Medali Pengawal Hitler Terjual Rp808 Juta

Internasional nazi
Arpan Rahman • 30 Juli 2019 18:09
Derbyshire: Medali milik seorang pengawal Nazi yang pernah diberikan oleh Adolf Hitler, dikabarkan terjual dengan harga rekor dunia.
 
Ulrich Graf menerima Blutorden Blood Order Medal setelah ia melindungi Hitler ketika mencoba merebut kekuasaan di Bavaria pada November 1923 -- sebuah peristiwa yang dikenal sebagai The Beer Hall Putsch.
 
Medali itu dilelang dengan harga awal 3.500 hingga 4.000 Poundsterling. Tetapi sembilan kali penawaran jumlah itu, akhirnya terjual 36.500 poundsterling di Balai Lelang Militaria Hansons Auctioneers yang berbasis di Derbyshire, Inggris, pada Jumat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Harga keseluruhan yang dibayarkan oleh pembeli swasta dari luar negeri adalah 47.450 poundsterling atau setara Rp808 juta setelah ditambahkan pajak pembelian. Elang Nazi ditampilkan di satu sisi medali dan gambar monumen Munich di sisi lain.
 
Penghargaan itu diberikan kepada Graf setelah dia menutupi tubuh Hitler dan selamat setelah ditembak. Mantan pegulat tersebut salah satu anggota pioner dari Partai Nazi sesudah didirikan pada 1920.
 
Dia salah seorang pasukan perlindungan pribadi Hitler selama pertempuran -- yang berakhir dengan 16 anggota partai dan empat petugas tewas.
 
Pakar militer Hansons, Adrian Stevenson berkata: "Ini harga rekor dunia untuk medali jenisnya-hasil yang fenomenal."
 
"Minat terhadap medali ini tinggi sejak awal. Ini adalah bagian sejarah yang luar biasa dengan kisah besar untuk diceritakan," tuturnya, disitir dari Sky News, Senin 29 Juli 2019.
 
"Kita tahu bahwa di tahun 1950-an keluarga Ulrich Graf menjual semua miliknya. Mereka tidak menginginkan hubungan dengan masa lalunya di Nazi," sambungnya.
 
"Penjual kami adalah seorang dokter Inggris yang memiliki banyak koleksi medali German Third Reich yang merupakan salah satu genre medali paling populer. Beberapa negara seperti Prancis melarang penjualan Third Reich, tetapi saya pikir itu merugikan para korban Nazi," cetusnya.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif