Lukisan “Shot Sage Blue Marilyn” karya Andy Warhol laku terjual Rp2,8 triliun. Foto: AFP
Lukisan “Shot Sage Blue Marilyn” karya Andy Warhol laku terjual Rp2,8 triliun. Foto: AFP

Lukisan Marilyn Monroe Karya Andy Warhol Laku Terjual Rp2,8 Triliun

Internasional Lelang Lukisan Lukisan Andy Warhol
Medcom • 10 Mei 2022 15:09
New York: Lukisan Marilyn Monroe karya Andy Warhol terjual seharga USD195 juta atau sekitar Rp2,8 triliun ketika dilelang Senin, 9 Mei 2022. Angka itu mencetak rekor karya seniman Amerika Serikat (AS) yang dilelang.
 
Dinamai “Shot Sage Blue Marilyn”, karya seni itu merupakan bagian dari rangkaian potret yang dibuat Warhol setelah kematiannya pada 1962, dan menjadi salah satu karya pop art paling terkenal.
 
Disimpan dalam koleksi dealer seni Swiss, Thomas dan Doris Ammann, lukisan tersebut dijual oleh Christie’s di sebuah pelelangan New York. Perkiraan harga sebelum penjualan mencapai USD200 juta (kisaran 2,9 triliun).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lukisan terjual dengan tawaran harga tertinggi USD170 juta. Biaya tambahan membuat harga akhir menjadi USD195 juta.
 
‘Shot Sage Blue Marilyn’ adalah puncak dari pop Amerika,” ucap Alex Rotter, kepala kesenian abad ke-20 dan ke-21 di Christie's, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 10 Mei 2022.
 
"Lukisan itu melampaui genre potret, menggantikan seni dan budaya abad ke-20,” imbuhnya.
 
Karya tersebut dibuat berdasarkan foto Monroe untuk promosi film “Niagara”, dengan warna-warna mencolok pada mata, rambut, dan bibirnya.
 
Judulnya mengacu pada sebuah insiden di mana seorang wanita menembak tumpukan yang terdiri atas empat potret Marilyn di studio Warhol dengan pistol, meskipun "Shot Sage Blue Marilyn" tidak terkena peluru. 
 
Monroe merupakan salah satu bintang Hollywood paling terkenal sebelum meninggal dunia akibat overdosis di rumahnya di Los Angeles pada 4 Agustus 1962. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif