NEWSTICKER
Pesawat maskapai British Airways. (Foto: AFP/TOLGA AKMEN)
Pesawat maskapai British Airways. (Foto: AFP/TOLGA AKMEN)

Badai Ciara 'Bantu' Pesawat Inggris Pecahkan Rekor

Internasional penerbangan dunia inggris
Willy Haryono • 10 Februari 2020 10:41
London: Pesawat maskapai British Airways berhasil memecahkan rekor waktu tempuh penerbangan dari New York ke London. Pesawat Boeing 747-436 itu sempat mencapai kecepatan 1.327 kilometer per jam berkat 'bantuan' dari fenomena cuaca jet stream yang diperkuat Badai Ciara.
 
Jet stream merupakan aliran udara berkecepatan tinggi yang berada di atmosfer sejumlah planet, termasuk Bumi.
 
Bertolak dari New York, pesawat British Airways itu tiba 80 menit lebih cepat dari jadwal semula di Bandara Heathrow, London, Minggu 9 Februari 2020. Waktu tempuh pesawat tersebut tercatat 4 jam 56 menit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut situs pemantau penerbangan Flightradar24, British Airways telah mengalahkan rekor 5 jam 13 menit yang dipegang maskapai Norwegian Air Shuttle.
 
Konsultan penerbangan mantan pilot British Airways Alastair Rosenchein mengatakan bahwa pesawat itu telah mencapai "kecepatan fenomenal." "Pilot memposisikan pesawatnya di tengah jet stream, dan tahun ini embusan anginnya cukup kuat," ucap dia, dikutip dari BBC.
 
"Turbulensi di dalam jet stream bisa sangat kuat, tapi di satu sisi juga bisa sangat mulus," lanjut Rosenchein.
 
Data BBC Weather mencatat kecepatan jet stream yang 'ditunggangi' pesawat British Airways pada Minggu kemarin mencapai 418 km/jam. Terlepas dari jet stream, kecepatan pesawatnya berada di bawah 1.287 km/jam.
 
Rosenchein mengatakan laju pesawat komersil modern saat ini biasanya sekitar 85 persen dari kecepatan suara. "Kami selalu memprioritaskan keselamatan ketimbang rekor kecepatan," ungkap pernyataan resmi British Airways.
 
"Pilot-pilot kami hanya memanfaatkan kondisi (cuaca) untuk mengantarkan penumpang lebih cepat ke London," sambungnya.
 
Penerbangan tercepat lintas Atlantik dipegang BA Concorde, yang terbang dari New York ke London dalam waktu 2 jam 52 menit 59 detik pada 1996. Kala itu, pesawat mencapai kecepatan 2.172 km/jam.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif