Ilustrasi oleh AFP.
Ilustrasi oleh AFP.

Ilmuwan Argentina Temukan Fosil Dinosaurus Raptor Terbesar

Internasional argentina Arkeologi Fosil Dinosaurus
Fajar Nugraha • 29 April 2022 21:06
Buenos Aires: Sebuah tim ahli paleontologi Argentina yang melakukan penggalian di Patagonia telah menemukan sisa-sisa dinosaurus terbesar milik keluarga raptor yang pernah tercatat.
 
Dinosaurus, spesies baru bernama Maip macrothorax, panjangnya antara sembilan dan 10 meter. Sementara "megaraptor" lainnya tidak lebih dari sembilan meter, kata salah satu ilmuwan yang berpartisipasi dalam penemuan itu, Mauro Aranciaga Rolando.
 
“Hewan ini berukuran sangat besar dan kami dapat menemukan banyak sisa-sisanya,” kata Aranciaga Rolando, seperti dikutip dari Channel News Asia, Jumat 29 April 2022, ketika fosil-fosil itu diperlihatkan di Museum Ilmu Pengetahuan Alam Bernardino Rivadavia di ibu kota Buenos Aires.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fosil-fosil itu ditemukan pada Maret 2019 di provinsi Patagonia, Santa Cruz, beberapa hari sebelum pembatasan ketat pandemi covid-19 diberlakukan, kata Dewan Riset Ilmiah dan Teknis Nasional, tempat para ahli yang menemukan dinosaurus itu berasal.
 
Dua ilmuwan Jepang juga berpartisipasi dalam ekspedisi Argentina. Karena pandemi, ahli paleontologi awalnya harus mendistribusikan fosil di antara mereka dan menganalisisnya di rumah.
 
Dinosaurus karnivora diperkirakan telah menghuni tempat yang sekarang menjadi ujung selatan Argentina 70 juta tahun yang lalu selama periode Kapur.
 
“Megaraptor adalah hewan dengan kerangka lincah, ekor panjang yang memungkinkan mereka untuk bermanuver dan keseimbangan, leher panjang dan tengkorak memanjang dengan lebih dari 60 gigi kecil,” kata Aranciaga Rolando.
 
Roland menjelaskan bahwa anggota badan ‘Maip’ berujung tajam adalah senjata hewan yang paling berbahaya.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif