Pasangan tua mereka kembali foto pada akhir Perang Dunia II di New York, Amerika Serikat (AS). (Foto: Sky News).
Pasangan tua mereka kembali foto pada akhir Perang Dunia II di New York, Amerika Serikat (AS). (Foto: Sky News).

Pelaut dalam Foto Ikonik Akhir Perang Dunia Meninggal Dunia

Arpan Rahman • 20 Februari 2019 06:32
New York: Pelaut Amerika Serikat yang difoto mencium seorang wanita di Times Square, New York saat merayakan akhir Perang Dunia II telah meninggal dunia.
 
Disitat dari laman Sky News, Selasa 19 Februari 2019, foto hitam putih dari George Mendonsa dan Greta Friedman, terkenal sebagai ‘The Kiss', menjadi salah satu foto paling termasyhur di abad ke-20.
 
Mendonsa meninggal pada usia 95 tahun setelah mengalami kejang pada Minggu, putrinya Sharon Molleur berkata kepada surat kabar harian The Providence Journal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia tinggal di fasilitas panti di Middletown, Rhode Island, dengan istrinya 70 tahun Rita Petry.
 
Foto dia mencium Friedman, asisten gigi yang mengenakan seragam perawat, dijepret di Hari V-J pada 14 Agustus 1945. Foto itu dibidik oleh Alfred Eisenstaedt dan pertama kali diterbitkan di majalah Life.
 
Orang-orang tumpah ke jalan-jalan di New York City buat merayakan kemenangan setelah Jepang menyerah pada AS. Mendonsa mencengkeram dan mencium Friedman meskipun belum pernah bertemu dengannya sebelumnya.
 
Friedman sendiri mengatakan dia tidak melihatnya seperti itu, tetapi dalam sebuah wawancara tahun 2005 dengan Veteran History Project menegaskan bahwa bukan pilihannya untuk dicium.
 
Dia mengatakan kepada Perpustakaan Kongres: "Pria itu baru saja datang dan mencium atau meraih. Saya merasa dia sangat kuat. Dia hanya memelukku erat-erat."
 
Friedman menambahkan: "Itu hanya seseorang yang benar-benar merayakan kemenangan. Tapi itu bukan acara romantis."
 
Foto ciuman itu sering terlihat di poster-poster dan dibuat ulang secara populer oleh para wisatawan di New York.
 
Beberapa orang lain mengaku sebagai pasangan itu dalam beberapa dekade setelah Perang Dunia Kedua, sebelum akhirnya dikonfirmasi bahwa Mendonsa dan Friedman adalah pasangan yang berciuman tersebut.
 
Mantan pelaut itu bertugas di kapal perusak selama perang dan sedang cuti ketika akhir perang diumumkan. Dia berbicara tentang ciuman itu ketika dia mendapat penghargaan di Rhode Island State House pada 2015.
 
Mendonsa mengatakan Friedman mengingatkannya tentang perawat di kapal rumah sakit yang dilihatnya menangani perawatan untuk pelaut yang terluka.
 
Dia katakan kepada WPRI-TV di Rhode Island: "Saya melihat apa yang dilakukan para perawat hari itu dan sekarang di Times Square saat perang berakhir, jadi saya mencium perawat itu."
 
Victor Jorgensen, yang bertugas di Angkatan Laut, juga menangkap momen ciuman dari sudut yang berbeda, beberapa meter dari Eisenstaedt.
 
Meskipun banyak orang lain yang mengaku sebagai subjek foto itu selama bertahun-tahun, Mendonsa mengatakan dia bisa membuktikan bahwa ada bekas luka di mata kanan dan benjolan di lengan kirinya.
 
Dia pernah mengatakan kepada CNN: "Jika saya tidak bisa membuktikannya kepada Anda, saya akan membelikan Anda cerutu."
 
Mendonsa meninggal dua hari sebelum ulang tahunnya yang ke-96. Keluarganya belum mengumumkan kapan pemakaman.
 
Friedman melarikan diri dari Austria selama perang sebagai gadis berusia 15 tahun. Dia meninggal pada tahun 2016 pada usia 92 di sebuah rumah sakit di Richmond, Virginia, karena komplikasi usia renta.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif