Para peneliti di Brasil menemukan fosil spesies dinosaurus yang langka. Foto: AFP
Para peneliti di Brasil menemukan fosil spesies dinosaurus yang langka. Foto: AFP

Fosil Spesies Dinosaurus Sangat Langka Ditemukan di Brasil

Internasional brasil Fosil Dinosaurus
Medcom • 19 November 2021 19:05
Brasil: Para peneliti mengatakan pada Kamis, 18 November 2021, sisa-sisa spesies dinosaurus berkaki dua yang tidak bergigi dan hidup sekitar 70 juta tahun lalu telah ditemukan di Brasil. Mereka menyatakan sebagai penemuan yang “sangat langka”.
 
Dilansir dari Yahoo News, Jumat, 19 November 2021, dinosaurus kecil, berukuran panjang sekitar satu meter dan tinggi 80 sentimeter adalah theropoda. Mereka tergolong kelompok yang hampir semua anggotanya diyakini sebagai karnivora.
 
Namun, spesies baru yang dijuluki Berthasaura leopoldinae tersebut memiliki mulut seperti paruh tanpa gigi, “Itu benar-benar kejutan,” kata ahli paleontologi yang menemukan itu dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Museum Nasional Brasil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka menerbitkan temuan di jurnal Nature dan menyebut penemuan tersebut sebagai “salah satu dinosaurus paling lengkap yang ditemukan dari periode Cretaceous di Brasil.”
 
“Bagian ompong menimbulkan keraguan tentang jenis makanan apa yang dimiliki hewan ini,” ujar Peneliti, Geovane Alves Souza yang merupakan salah satu penulis studi tersebut.
 
“Itu tidak berarti ia tidak makan daging, meskipun. Banyak burung, seperti elang makan daging dengan paruh. Kemungkinan besar, itu adalah omnivora yang hidup di lingkungan yang tidak ramah di mana ia harus makan apa pun itu. Bisa,” ucap Souza.
 
Kerangka fosil tersebut ditemukan di sepanjang jalan pedesaan di negara bagian selatan Parana antara 2011 dan 2014. Analisis mengungkapkan, itu adalah spesies yang sama sekali baru yang hidup antara 70 juta dan 80 juta tahun yang lalu.
 
Spesies ini dinamai Bertha Lutz oleh seorang ilmuwan dan feminis Brasil. Ia dihormati dan wafat pada 1976. Selain itu, untuk Maria Leopoldina, permaisuri Brasil abad ke-19 yang merupakan pelindung sains. (Nadia Ayu Soraya)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif