Tumpukan kokain yang disita oleh pihak keamanan Amerika Serikat. (Foto: AFP).
Tumpukan kokain yang disita oleh pihak keamanan Amerika Serikat. (Foto: AFP).

Kokain Senilai Rp3,2 Triliun Disita di Tengah Samudera Pasifik

Internasional narkoba
Arpan Rahman • 12 Juli 2019 19:05
Washington: Penjaga Pantai Amerika Serikat merilis rekaman video dari penggerebekan atas sebuah kapal selam tipe vessel yang bermuatan kokain senilai 185 juta Poundsterling (setara Rp3,2 triliun).
 
Seorang awak kapal penghadang US Coastguard Munro terdengar berteriak: "Hentikan kapal Anda sekarang", dalam bahasa Spanyol di sela bunyi ombak ketika ia berhenti di samping kapal selam, yang dijuluki "kapal selam-narkotik".
 
Satu penjaga pantai dan anggota kru lainnya, keduanya berseragam kamuflase hijau, melompat ke atas kapal selam yang bergerak otomatis di tengah Samudera Pasifik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria pertama memukul lubang lambung sebelum seorang pria dari dalam membukanya dan mengangkat tangannya ketika diperintahkan agar menyerah. Di dalam kapal selam didapati 7.700 kg kokain senilai sekitar 185 juta Poundsterling.
 
Disiarkan dari Independent, Jumat 12 Juli 2019, razia obat-obatan terlarang menjadi satu dari 14 penggeledahan serupa oleh Penjaga Pantai AS di lepas pantai Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan antara Mei dan Juli tahun ini.
 
Secara total, mereka telah menyita lebih dari 17.690 kg kokain dan 423 kg ganja senilai sekitar USD569 juta (senilai Rp8 triliun).
 
“Mengejar kapal penyelundupan narkoba itu seperti memburu paus putih. Mereka sangat langka. Bagi kami untuk mendapatkannya, ini adalah peristiwa penting,” ujar juru bicara untuk Wilayah Penjaga Pantai AS Pasifik, Komandan Stephen Brickey.
 
“Sekitar 80 persen narkoba yang masuk ke AS berasal dari koridor Pasifik dan pihak berwenang menghentikan sekitar 11 persen semi kapal selam,” katanya.
 
Penjaga Pantai meningkatkan kehadiran AS dan sekutu di Samudra Pasifik Timur dan Teluk Karibia, yang dikenal sebagai zona transit narkoba di lepas pantai Amerika Tengah dan Selatan, sebagai bagian dari Strategi Kawasan Barat.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif