Hiu putih berukuran raksasa ditemukan di perairan Nova Scotia, Kanada. Foto: CNN/OCEARH
Hiu putih berukuran raksasa ditemukan di perairan Nova Scotia, Kanada. Foto: CNN/OCEARH

Hiu Putih Besar Berusia 50 Tahun Ditemukan di Kanada

Internasional peristiwa unik
Fajar Nugraha • 06 Oktober 2020 14:07
Nova Scotia: Peneliti di perairan Nova Scotia, Kanada, telah menemukan hiu putih dalam ukuran sangat besar. Hiu putih itu diperkirakan berusia 50 tahun.
 
Hiu putih besar itu diketahui memiliki berat 1.606 kilogram dan panjangnya 5,2 meter. Ilmuwan dari OCEARCH, sebuah LSM yang menandai dan mengambil sampel hiu putih, menggambarkan hiu betina sebagai ‘Ratu Lautan’ dan mengatakan bahwa mereka memanggilnya Nukumi.
 
"Kami menamainya 'Nukumi' (diucapkan noo-goo-mee) untuk sosok nenek tua bijak legendaris dari suku asli Amerika Mi'kmaq," tulis Ocearch dalam posting Facebook Sabtu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budaya Mi'kmaq memiliki akar yang dalam di Nova Scotia, menurut postingan tersebut.
 
"Dengan data baru yang kami kumpulkan, ikan betina ini akan membagikan kebajikannya dengan kami selama bertahun-tahun yang akan datang," tulis OCEARCH, seperti dikutip CNN, Selasa 6 Oktober 2020.
 
Nukumi adalah yang terbesar dari delapan hiu putih besar yang telah diambil sampelnya oleh para peneliti selama ekspedisi saat ini. Hingga Senin 5 Oktober, ekspedisi itu telah berjalan selama 27 hari.
 
OCEARCH juga memposting video yang menunjukkan Nukumi berbaring di platform kapal selam khusus yang dibangun di sisi kapal penelitian dengan peneliti di sekitarnya, dan kemudian berenang menjauh.
 
OCEARCH adalah organisasi pengumpulan data lautan yang telah menandai dan mengumpulkan sampel dari ratusan hiu, lumba-lumba, anjing laut, dan hewan lainnya.
 
Grup tersebut menggunakan data tersebut untuk mempelajari pola migrasi dan mengungkap detail yang sebelumnya tidak diketahui tentang kehidupan hiu.
 
Pada Oktober 2019, OCEARCH menangkap dan menandai hiu jantan yang mereka beri nama ‘Ironbound’ di perairan Lunenburg, Nova Scotia.
 
Pada akhir Desember, pelacaknya menunjukkan hiu sepanjang 3,6 meteri telah melakukan perjalanan 1.473 mil di Pantai Timur AS ke Key Biscayne, dekat Miami, kata OCEARCH pada saat itu.
 
Hiu putih besar adalah ikan predator terbesar di dunia, menurut Federasi Satwa Liar Dunia, dan diketahui merobek sebagian mangsanya, yang kemudian ditelan utuh. Terlepas dari reputasi mereka yang menakutkan, WWF mengatakan hiu adalah spesies yang rentan dan jumlahnya terus menurun.

 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif