Ilustrasi oleh Medcom.id.
Ilustrasi oleh Medcom.id.

Penumpang Ketinggalan Bayi, Pesawat Saudi Airlines Putar Arah

Internasional pesawat
Arpan Rahman • 12 Maret 2019 16:06
Jeddah: Sebuah pesawat dilaporkan dipaksa untuk berbalik kembali ketika seorang ibu tersadar ketinggalan bayinya di terminal.
 
Jet Saudi Airlines menuju Kuala Lumpur ketika sang ibu menuntut agar dia bersatu kembali dengan anaknya, Gulf News melaporkan.
 
Rekaman audio beredar memperdengarkan suara pilot yang meminta izin menara kontrol lalu lintas udara untuk kembali ke Jeddah, Arab Saudi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam klip itu, yang menjadi viral di media sosial dan sudah banyak dilaporkan, pilot terdengar bertanya kepada staf pengawas lalu lintas udara: "Semoga Tuhan menyertai kita. Bisakah kita kembali atau tidak?"
 
Setelah mencatat nomor penerbangan -- SV832 -- operator bertanya kepada mitra kerjanya soal protokol apa yang harus mereka patuhi, jika ada.
 
"Penerbangan ini meminta untuk kembali karena seorang penumpang lupa bayinya di ruang tunggu, hal yang buruk," suara pilot itu, seperti dinukil dari laman The Sun, Selasa 12 Maret 2019.
 
Ketika kontrol lalu lintas udara meminta pilot agar mengkonfirmasi cerita tersebut, dia menjawab: "Kami katakan, seorang penumpang meninggalkan bayinya di terminal dan menolak untuk melanjutkan penerbangan."
 
Operator kemudian memberi mereka izin untuk kembali ke Bandara Internasional King Abdul Aziz. Dia berkata, "Oke, kembali ke gerbang. Ini benar-benar pengalaman baru bagi kita!"
 
Insiden itu diketahui terjadi pada Sabtu malam. Situs penerbangan flightradar mencatat penundaan waktu 54 menit untuk penerbangan yang biasanya tepat waktu, tetapi tidak menyebutkan apakah jet itu harus berbalik di udara atau apakah pesawat sedang bersiap untuk lepas landas ketika keputusan untuk kembali ke terminal diberlakukan. Keadaan sekitar di mana ibu meninggalkan bayinya di terminal juga tidak jelas.
 
Pengguna Twitter Saudi, Fahad M. Al Barrak, yang membagikan audio asli dari insiden tersebut mengklaim bahwa sang ibu tidak meninggalkan bayinya di terminal sendirian. Dia malah mengklaim bayi itu ditinggalkan bersama saudara perempuannya yang telah naik bus yang keliru di terminal dan ketinggalan pesawat.
 
“Ketika sang ibu menyadari bahwa kedua orang itu belum naik ke penerbangan, dia bersikeras agar pesawat itu berputar,” kata Barrak.
 
Puluhan ribu orang kini telah menonton video yang mengklaim berisi audio kontrol lalu lintas udara.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif