Finlandia kembali dinyatakan sebagai negara paling bahagia. (Foto: EPA).
Finlandia kembali dinyatakan sebagai negara paling bahagia. (Foto: EPA).

Finlandia Pertahankan Posisi Teratas sebagai Negara Terbahagia

Internasional peristiwa unik Finlandia
Arpan Rahman • 22 Maret 2019 06:07
New York: Finlandia mempertahankan tempat nomor 1 untuk tahun kedua berturut-turut dalam Laporan Kebahagiaan Dunia versi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Sejumlah negara Eropa Utara menduduki sebagian besar posisi teratas dalam laporan itu. Denmark, Norwegia, Islandia, Belanda, Swiss, Swedia, Selandia Baru, Kanada, dan Austria melengkapi posisi 10 Besar. Norwegia, Denmark dan Swiss masing-masing memuncaki posisi teratas dalam beberapa tahun terakhir.
 
Laporan, yang dirilis pada Hari Kebahagiaan Dunia PBB, mengevaluasi 156 negara dan negara-negara yang berada di peringkat atas ditemukan memiliki nilai tinggi dalam enam kategori kesejahteraan. Yakni, meliputi pendapatan, harapan hidup sehat, dukungan sosial, kebebasan, kepercayaan, dan kemurahan hati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amerika Serikat turun dari peringkat ke-14 pada 2017 dan ke-18 pada tahun 2018 menjadi ke-19 pada 2019. Profesor Jeffrey Sachs, direktur Jaringan Solusi Pengembangan Berkelanjutan -- yang membantu memproduksi laporan tersebut -- menyalahkan sebagian kecanduan yang tumbuh di negara itu.
 
"Laporan tahun ini memberikan bukti serius tentang bagaimana kecanduan menyebabkan banyak ketidakbahagiaan dan depresi di AS," katanya.
 
"Kecanduan datang dalam berbagai bentuk, mulai dari penyalahgunaan zat hingga perjudian hingga ke media digital. Pengejaran kompulsif terhadap penyalahgunaan zat terlarang dan perilaku adiktif menyebabkan ketidakbahagiaan yang parah. Pemerintah, bisnis, dan masyarakat harus menggunakan indikator ini untuk menetapkan kebijakan baru yang bertujuan mengatasi sumber-sumber ketidakbahagiaan ini," sarannya, seperti dinukil dari laman UPI, Jumat 22 Maret 2019.
 
AS bukan satu-satunya kekuatan super dunia yang gagal mencapai Top 10. Inggris ada di urutan 15, Jerman 17, Jepang 58, Rusia 68, dan Tiongkok 93.
 
10 negara yang paling tidak bahagia adalah Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah, Afghanistan, Tanzania, Rwanda, Yaman, Malawi, Suriah, Botswana, dan Haiti. Penurunan kebahagiaan terbesar terjadi di Yaman, India, Suriah, Botswana, dan Venezuela.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif