Banyak fosil dari makhluk purba yang ditemukan di Hubei berada dalam kondisi terawetkan dengan baik. (Foto: AO SUN)
Banyak fosil dari makhluk purba yang ditemukan di Hubei berada dalam kondisi terawetkan dengan baik. (Foto: AO SUN)

Ilmuan Temukan Ribuan Fosil Spesies Baru di Tiongkok

Internasional peristiwa unik fosil binatang purba
Willy Haryono • 24 Maret 2019 19:07
Hubei: Tim ilmuwan mengaku telah menemukan "harta karun menakjubkan" berupa ribuan fosil di sebuah tepi sungai di Tiongkok. Kumpulan fosil itu diestimasi berusia sekitar 518 juta tahun.
 
Berbeda dari fosil pada umumnya, penemuan kali ini unik karena banyak organ makhluk-makhluk purba tersebut terawetkan dan dalam kondisi utuh. Lebih dari separuh fosil itu berasal dari spesies baru.
 
Kumpulan fosil itu, disebut sebagai biota Qinjiang, ditemukan dan dikumpulkan di dekat sungai Danshui di provinsi Hubei. Dari sekitar 20 ribu spesimen, total 4.351 yang sudah dianalisis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Fosil-fosil itu akan menjadi sumber yang sangat penting dalam studi asal muasal makhluk hidup," kata salah satu pemimpin tim palaeontolog, Profesor Xingliang Zhang dari Northwest University, kepada kantor berita BBC, Minggu 24 Maret 2019.
 
Detail dari penemuan ribuan fosil ini telah dipublikasikan di jurnal Science pada Jumat 22 Maret.
 
"Mayoritas fosil adalah makhluk hidup bertubuh lunak seperti ubur-ubur dan cacing, yang biasanya tidak pernah mengalami proses fosilisasi," tutur Profesor Robert Gaines, seorang ahli geologi yang juga ikut serta dalam studi fosil di Hubei.
 
Mengenai banyaknya makhluk yang berada dalam kondisi tubuh, Profesor Zhang mempunyai teori tersendiri. Menurutnya, makhluk-makhluk itu "terkubur di bawah sedimen" saat terjadinya badai. Karena tertutup sedimen, tubuh sejumlah makhluk tersebut terawetkan selama jutaan tahun.
 
Ilmuan Temukan Ribuan Fosil Spesies Baru di Tiongkok
Ilustrasi biota laut di provinsi Hubei di masa lalu. (Foto:DONGJING FU)
 
Kumpulan fosil ini berasal dari periode Cambrian, yang dimulai 541 juta tahun lalu. Cambrian adalah periode saat keberagaman makhluk hidup di Bumi mulai meningkat.
 
Profesor Zhang, Gaines dan ilmuan lainnya kini akan terus menganalisis dan mendokumentasikan spesimen yang belum teridentifikasi. Mereka juga akan melakukan ekskavasi lebih lanjut di Hubei untuk mengetahui lebih jauh mengenai ekosistem di wilayah tersebut.
 
"Saya sangat senang mempelajari banyak spesies baru ini. Saya selalu senang saat menemukan sesuatu yang baru," ungkap Profesor Zhang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif