Ilustrasi jeruji penjara. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi jeruji penjara. (Foto: Medcom.id)

Pria Pencuri Rp700 Ribu Bebas usai Dipenjara 36 Tahun

Internasional perampokan peristiwa unik
Willy Haryono • 31 Agustus 2019 15:24
Alabama: Seorang pria yang pernah merampok uang USD50,75 atau setara Rp700 ribu dari sebuah toko roti akhirnya dibebaskan usai mendekam selama 36 tahun di penjara.
 
Alvin Kennard, 58, divonis hukuman penjara seumur hidup di bawah undang-undang era 1970-an di Amerika Serikat yang didesain untuk menekan angka kejahatan. Pembebasan Kennard memicu reaksi emosional dari keluarga dan kerabat.
 
Pengacara Kennard, Carla Crowder, mengatakan bahwa kliennya "sangat senang atas kesempatan" bebas ini setelah sekian lama berada di balik jeruji besi. Dilansir dari BBC, Jumat 30 Agustus 2019, Kennard berencana melanjutkan pekerjaannya sebagai tukang kayu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada 1983, saat masih berusia 22 tahun, Kennard merampok sebuah toko roti dengan bermodal pisau. Meski perampokan tidak menimbulkan korban tewas dan luka, Kennard divonis penjara seumur hidup tanpa ada pembebasan bersyarat.
 
Aturan keras bernama Three Strikes Law di era 1970-an itu kini telah diubah agar para pelanggarnya mendapat kesempatan bebas bersyarat.
 
Hadir di hadapan hakim dengan mengenakan pakaian penjara, Kennard mengaku bertanggung jawab penuh atas aksinya di masa lalu. Keluarga serta kerabat langsung memeluk Kennard saat hakim menjatuhkan putusan bebas.
 
"Kami semua menangis," ucap keponakan Kennard, Patricia Jones. Ia mengatakan sang paman telah mengutarakan keinginannya untuk bebas sejak 20 tahun terakhir.
 
"Hal mengagumkan dari Kennard adalah, meski dia sempat berpikir akan selamanya berada di penjara, dia ternyata mampu berubah menjadi pribadi yang lebih baik," sebut Crowder, menurut laporan media Guardian.
 
Kennard mengaku akan meninggalkan beberapa barang miliknya untuk narapidana di Donaldson Correctional Facility di Bessemer, Alabama. Salah satu barang itu adalah alat penghangat, agar para napi tidak kedinginan sepanjang musim dingin tahun ini.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif