Kapal perang AS USS Benfold rusak akibat tabrakan di lepas pantai Jepang (Foto: AFP).
Kapal perang AS USS Benfold rusak akibat tabrakan di lepas pantai Jepang (Foto: AFP).

Latihan Gabungan Kapal Perang AS Ditabrak di Lepas Pantai Jepang

Internasional kapal perang militer as
Arpan Rahman • 19 November 2017 18:12
Teluk Sagami: Kapal perang Amerika mengalami kerusakan setelah sebuah kapal tunda menabraknya. Kapal jenis perusak itu sedang berlatih di lepas pantai Jepang, menurut angkatan laut AS. Kecelakaan ini merupakan rentetan insiden di Asia.
 
Kapal perusak rudal USS Benfold berpartisipasi dalam latihan gabungan yang dijadwalkan di Teluk Sagami, pada Sabtu 18 November. Saat itu, kapal tunda Jepang kehilangan kendali, menurut Armada ke-7 Amerika Serikat (AS).
 
Insiden terjadi saat tentara Jepang dan AS mengambil bagian dalam latihan angkatan laut 10 hari sampai 26 November dalam sebuah demonstrasi yang ditujukan kepada Korea Utara (Korut). Ambisi nuklir Negeri Utara itu mendominasi muhibah Presiden AS Donald Trump ke Asia, baru-baru ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak ada yang terluka di kapal dan Benfold menderita kerusakan minimal, termasuk tergores di sisinya, sambil menunggu penilaian kerusakan penuh," kata sebuah pernyataan dari armada ke-7, Sabtu malam, seperti dilansir Guardian, Minggu 19 November 2017. Seraya ditambahkan bahwa kapal perang tersebut tetap berada di bawah kendalinya sendiri.
 
"Kapal tunda komersial Jepang ditarik oleh kapal lain ke pelabuhan di Yokosuka," di barat daya Tokyo, katanya.
 
Penjaga pantai Jepang menyebutkan bahwa kapal tunda tersebut kehilangan kendali dan hanyut ke arah kapal perang saat sebuah tali tersangkut di baling-balingnya. Namun dipastikan tidak ada korban luka-luka.
 
Armada ke-7 sudah terlibat dalam lebih dari satu tabrakan mematikan di Asia sepanjang tahun ini.
 
USS John S. McCain bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di Singapura, pada Agustus, menewaskan 10 pelaut dan melukai lima lainnya.
 
Dua bulan sebelumnya pada Juni, kapal USS Fitzgerald dan kapal kargo saling menghancurkan satu sama lain di luar perairan Jepang, menyebabkan tujuh pelaut tewas.
 
Dua lagi insiden yang kurang diketahui. Pada Januari, USS Antietam kandas di dekat pangkalannya di Jepang, dan pada Mei, USS Lake Champlain bertabrakan dengan kapal penangkap ikan Korea Selatan.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif