Jokowi Dorong Revolusi Mental untuk Lindungi Laut
Presiden Jokowi (kiri) memukul gong sebagai tanda pembukaan Our Ocean Conference 2018 di Nusa Dua, Bali, Senin 29 Oktober 2018. (Foto: Willy Haryono)
Nusa Dua: Presiden Joko Widodo menyinggung mengenai revolusi mental dalam upaya menjaga laut di tengah berbagai tantangan maritim saat ini. Berbagai tantangan itu di antaranya penangkapan ikan secara ilegal (IUU Fishing), perompakan, perdagangan manusia, penyelundupan narkotika, perbudakan dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat membuka Our Ocean Conference 2018 di Nusa Dua, Bali, Senin 29 Oktober 2018.

"Kita perlu revolusi mental untuk menangani masalah laut," ujar Jokowi di Bali Nusa Dua Convention Center.


"OOC harus menjadi motor penggerak revolusi mental global dalam menjaga laut," lanjut dia.

Masalah klaim maritim juga merupakan salah satu tantangan di bidang kelautan. Menurut Jokowi, masalah klaim seperti ini harus diselesaikan melalui negosiasi agar dapat tetap menjaga stabilitas.

"Hukum internasional harus menjadi pemandu dalam penyelesaian klaim maritim," kata Jokowi.

Baca: OOC Wujud Indonesia Sampaikan Komitmen Kemaritiman

Selain berbagai tantangan di atas, kesehatan laut juga dinilai Presiden Jokowi sudah memprihatinkan. Ia menyinggung mengenai masalah sampah plastik, kerusakan terumbu karang, memanasnya suhu air laut, polusi bahan kimia dan lainnya.

Menurut Jokowi, satu negara saja tidak akan mampu mengatasi masalah kelautan yang begitu kompleks. Satu negara juga dinilai tidak mampu mengoptimalkan beragam manfaat laut bagi masyarakat dunia.

Oleh karenanya, Jokowi menilai urusan menjaga laut ini harus dilakukan bersama-sama melalui mekanisme kolaborasi. "OOC harus menjadi motor penggerak revolusi mental global dalam menjaga laut," ungkap Jokowi.

Di bawah kepemimpinan Jokowi, Indonesia bertekad menjadi poros maritim dunia. Untuk mewujudkan hal itu, Indonesia terus memajukan kerja sama global di IORA, PBB dan berbagai forum lainnya.

"Kita harus berani berkomitmen dan mengambil langkah konkret agar dapat dirasakan masyarakat luas dan berdampak bagi perlindungan laut. Every single action counts," ucap Jokowi.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id