Sejumlah turis mengenakan masker saat berada di Hanoi, Vietnam, 4 Februari 2020. (Foto: AFP/NHAC NGUYEN)
Sejumlah turis mengenakan masker saat berada di Hanoi, Vietnam, 4 Februari 2020. (Foto: AFP/NHAC NGUYEN)

Antisipasi Korona, Vietnam Bangun Sejumlah RS Khusus

Internasional Virus Korona vietnam
Willy Haryono • 05 Februari 2020 16:17
Ho Chi Minh: Vietnam berencana membangun sejumlah rumah sakit dengan ribuan tempat tidur untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah infeksi virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV). Rencana disampaikan saat Vietnam bersiap menerima sejumlah warganya yang dievakuasi dari Tiongkok, negara pusat penyebaran virus korona nCoV.
 
Berlokasi dekat dengan Tiongkok, sejauh ini Vietnam telah mengonfirmasi 10 kasus virus korona di negaranya. Dari 10 pasien, tiga di antaranya tidak memiliki catatan pernah berkunjung ke Tiongkok dalam waktu dekat.
 
Virus korona nCoV, dideklarasikan sebagai darurat kesehatan nasional oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menewaskan hampir 500 orang per hari ini, Rabu 5 Februari 2020. Sementara total infeksi telah melampaui 24 ribu. Kematian dan kasus infeksi korona sebagian besar terjadi di Tiongkok.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di area bisnis di kota Ho Chi Minh -- tempat tiga kasus virus korona telah terkonfirmasi -- dua bangunan diubah menjadi rumah sakit. Total kapasitas kedua rumah sakit tersebut adalah 500 tempat tidur.
 
"Kedua rumah sakit ini akan menangani, memonitor dan merawat semua pasien terduga korona jika wabah ini terus memburuk," kata Direktur Departemen Kesehatan Ho Chi Minh, Nguyen Tan Binh.
 
Sementara di Hanoi, dua instalasi militer juga diubah menjadi pusat karantina dengan kapasitas 1.500 orang. Ini dilakukan saat Vietnam bersiap menerima 950 warganya dari Tiongkok. Nantinya, mereka semua akan dikarantina di dua instalasi tersebut.
 
Dua provinsi di Vietnam utara dekat perbatasan Tiongkok juga memulai pembangunan sejumlah rumah sakit yang dapat menampung 3.000 pasien. Di Vietnam bagian pusat, sejumlah fasilitas telah siap menerima 3.700 pasien.
 
Pemerintah Vietnam telah menghentikan semua penerbangan dari dan ke Tiongkok saat virus korona nCoV mulai mewabah. Vietnam juga menghentikan sementara pemberian visa bagi warga Tiongkok dan juga orang yang belum lama ini mengunjungi Negeri Tirai Bambu.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif