Sejumlah bangunan dan kendaraan rusak usai kerusuhan di Jayapura, Papua, 30 Agustus 2019 (Foto:Antara/Gusti Tanati)
Sejumlah bangunan dan kendaraan rusak usai kerusuhan di Jayapura, Papua, 30 Agustus 2019 (Foto:Antara/Gusti Tanati)

Soal Papua, Indonesia Bisa Gunakan Posisi Anggota Dewan HAM PBB

Internasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 21 Oktober 2019 16:41
Jakarta: Indonesia terpilih sebagai anggota Dewan HAM PBB mewakili Asia Pasifik periode 2020-2022. Indonesia memeroleh dukungan mutlak 174 suara dari 192 suara.
 
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengimbau pemerintah agar memanfaatkan posisi tersebut. Terlebih, Indonesia dikenal sangat vokal memperjuangan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) yang terjadi di sejumlah negara.
 
"Dalam kedudukannya sebagai anggota Dewan HAM PBB, Indonesia memiliki posisi penting dalam sejumlah proses penyelesaian kasus HAM yang terjadi di dunia, khususnya yang terkait dengan masalah dunia Islam," kata Azis, dikutip keterangan tertulis, Senin, 21 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Golkar itu menyebutkan berbagai permasalahan menunggu diselesaikan, di antaranya konflik Rohingya, etnis Ughiur, masalah kelaparan di Yaman, pengungsi Suriah, dan bencana kelaparan di kawasan Afrika Sub-Sahara. Isu pelanggaran HAM Kawasan Asia Pasifik juga perlu mendapat perhatian, yaitu Papua.
 
"Sekilas, posisi pemerintah tampak berada pada titik yang dilematis," ucap Azis.
 
Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu menyebutkan pemerintah tidak perlu dilematis menyikapi kasus dugaan pelanggaran HAM. Eksekutif bisa memanfaatkan posisinya sebagai anggota Dewan HAM PBB untuk menjelaskan kepada dunia internasional terkait isu pelanggaran HAM di Papua.
 
"Indonesia bisa lebih leluasa menjelaskan kepada khalayak dunia tentang isu HAM di Papua dan memastikan bahwa Papua sudah multak menjadi bagian dari NKRI," ujar dia.
 
Indonesia menjadi anggota Dewan HAM PBB untuk kelima kalinya. Pada Kamis 17 Oktober 2019, Indonesia kembali menduduki posisi sebagai anggota Dewan HAM PBB mewakili Asia Pasifik.
 
Dewan HAM PBB terdiri atas 47 anggota. Sebanyak 13 kursi dewan diisi perwakilan dari negara Afrika, 13 kursi perwakilan dari Asia Pasifik, 8 kursi perwakilan dari negara Amerika Latin dan Karibia, 7 kursi bagi perwakilan negara Eropa Barat dan negara lainnya, serta 6 kursi untuk kawasan Eropa Timur.
 

(ROS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif