Proses pemakaman 4 WNI korban kebakaran. (Foto: Dok. KJRI Jeddah)
Proses pemakaman 4 WNI korban kebakaran. (Foto: Dok. KJRI Jeddah)

KJRI Jeddah Makamkan 4 WNI Korban Kebakaran

Internasional indonesia-arab saudi perlindungan wni
Sonya Michaella • 08 Juli 2019 07:37
Jeddah: Setidaknya empat Warga Negara Indonesia (WNI) tewas akibat kebakaran yang terjadi di Nakasa, Al Taqwa, Makkah. KJRI Jeddah baru saja melakukan pemakaman untuk empat jenazah WNI tersebut.
 
Empat jenazah dimakamkan di TPU Syarae Baru, Makkah. Sebelumnya, empat jenazah yang teridentifikasi berasal dari Lombok, NTB ini disalatkan di Masjidil Haram.
 
Insiden kebakaran ini terjadi pada Kamis 20 Juni 2019 di kawasan permukiman yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat. Kebakaran disebabkan oleh korsleting pada pendingin ruangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KJRI Jeddah baru diizinkan melakukan pemakaman keempat jenazah karena menunggu hasil pemeriksaan otoritas berwenang untuk memastikan penyebab kematian mereka," kata Konsul Jenderal RI di Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, dalam keterangan tertulis kepada Medcom.id, Senin 8 Juli 2019.
 
KJRI Jeddah dan otoritas berwenang Saudi sempat mengalami kesulitan untuk mengungkap identitas keempat jenazah tersebut karena tidak memiliki dokumen apapun dan berstatus overstayer atau tinggal di Arab Saudi melebihi izin tinggal.
 
Empat WNI ini tewas setelah menghirup asap kebakaran di tempat tinggal mereka yang berpintu besi dan terkunci dari luar.
 
Rumah penampungan warga asing ilegal pada umumnya dikunci luar untuk menghindari operasi penggerebekan oleh aparat berwenang setempat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif