Duta Besar Afghanistan untuk PBB Adela Raz. Foto: UN Photo
Duta Besar Afghanistan untuk PBB Adela Raz. Foto: UN Photo

Watap Afghanistan: Terima Kasih Indonesia dan Jerman

Internasional indonesia-pbb indonesia-afghanistan
Fajar Nugraha • 18 September 2019 13:01
New York: Perwakilan Tetap Afghanistan untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Duta Besar Adela Raz mengungkapkan terima kasih kepada Indonesia dan Jerman yang menyokong proposal perpanjangan mandat PBB di Afghanistan.
 
Usai didukungnya Resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) 2489, Afghanistan menyambut baik kesepakatan yang dicapai DK PBB pada Selasa 17 September 2019.
 
“Kami berterima kasih kepada Dewan Keamanan untuk penerapan resolusi ini, memperpanjang mandat UNAMA selama 12 bulan. Ini menandakan dukungan Dewan untuk Afghanistan, pada saat rakyat Afghanistan memasuki fase baru dan sangat penting dari upaya lama mereka untuk mencapai perdamaian dan kemakmuran,” ujar Dubes Raz, dalam keterangan resmi di situs Perwakilan Tetap Afghanistan, yang dikutip Medcom.id, Rabu 18 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Pada 28 September, rakyat Afghanistan akan memberikan suara dalam pemilihan presiden yang akan datang dan sekali lagi, membuktikan komitmen mereka untuk mengkonsolidasikan demokrasi sebagai keharusan utama untuk Afghanistan yang stabil dan makmur,” imbuhnya.
 
Lebih lanjut Dubes Raz menambahkan, pemerintah dan rakyat Afghanistan siap sepenuhnya untuk acara nasional penting ini, yang akan memperkuat pilar tata kelola konstitusional dan supremasi hukum di negara tersebut.
 
Pada saat yang sama, Afghanistan mendorong perdamaian bermartabat yang menjunjung dan melindungi hak asasi manusia untuk pencapaian demokrasi kami. Semua itu dianut dan diterima oleh rakyat Afghanistan.
 
“Saya ingin menegaskan kembali pentingnya prinsip kepemilikan dan kepemimpinan Afghanistan dalam konteks upaya perdamaian. Bahwa semua langkah dukungan internasional harus berfungsi untuk melengkapi serta memperkuat upaya nasional kita,” imbuh Raz.
 
“Kami menyadari bahwa masa depan tidak hampa dari tantangan dan kesulitan. Tetapi saya dapat menyatakan dengan penuh keyakinan bahwa tekad rakyat Afghanistan untuk mencapai kesuksesan lebih besar daripada tantangan yang kita hadapi,” ucapnya.
 
Pemerintah Afghanistan juga menyatakan harapannya untuk melanjutkan kemitraan dengan DK PBB dan komunitas internasional yang lebih luas untuk menyelesaikan misi UNAMA yang dimulai pada tahun 2001. Mereka mengakui sejak itu, Afghanistan telah membuat prestasi luar biasa yang perlu lestarikan dan dibangun.
 
“Izinkan saya untuk sekali lagi berterima kasih kepada PBB dan Dewan Keamanan karena menemani kami dalam perjalanan yang sulit ini dan berdiri di samping kami dalam dukungan dan solidaritas, karena kami bekerja untuk mengamankan demokrasi dan perdamaian di Afghanistan,” imbuh Dubes Raz.
 
“Saya menyimpulkan dengan berterima kasih kepada delegasi Jerman dan Indonesia untuk memimpin proses negosiasi yang sulit menjelang penerapan resolusi ini,” pungkas Dubes Adela Raz.
 

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif