Dialog Konflik Suriah Dilanjutkan di Astana
Menlu Turki, Rusia dan Iran dalam pertemuan membahas konflik Suriah di Astana, Kazakhstan, 16 Maret 2018. (Foto: AFP/ALEXEY FILIPPOV)
Astana: Negosiator dari Iran, Rusia dan Turki berkumpul di Astana, ibu kota dari Kazakhstan, Senin 14 Mei 2018, dalam upaya mencari solusi politik atas konflik berkepanjangan di Suriah.

Pertemuan selama dua hari ini merupakan kali pertama dari tiga negara yang terlibat konflik Suriah. Dialog dialkukan setelah Iran dan Israel bersitegang mengenai serangkaian serangan militer pekan lalu.

Ini juga merupakan diskusi perdana ketiga negara sejak Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan penarikan diri dari perjanjian nuklir Iran.


Seperti dikutip AFP, juru bicara Kementerian Luar Negeri Kazakhstan Anuar Zhainakov mengonfirmasi delegasi tiga negara dan juga rezim Suriah telah tiba di Astana. Pembicaraan dilakukan tertutup dari awak media.

Delegasi pemberontak Suriah diharapkan datang malam ini, untuk bergabung dalam diskusi di hari kedua. 

Utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Suriah Staffan de Mistura juga dijadwalkan tiba di Astana hari ini.

Menurut keterangan Kemenlu Kazakhstan, negosiasi terbaru di Astana akan mendiskusikan "langkah-langkah berikutnya dalam mempercepat proses penyelesaian krisis di Suriah."

Konflik di Suriah sejak 2011 telah menewaskan lebih dari 350 ribu orang. Perang bermula dari unjuk rasa damai oposisi, yang berlanjut menjadi konflik multi-dimensi.



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360