Negara Anggota OKI akan Kunjungi Pengungsi Rohingya
Pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh (Foto: AFP).
Jakarta: Wakil Menteri Luar Negeri RI AM Fachir akan menghadiri Konferensi Tingkat Menteri Organisasi Kerja Sama Islam (KTM OKI), besok di Bangladesh.
 
Yang menarik dari pertemuan kali ini, kelompok kerja OKI akan mengunjungi Cox's Bazar, lokasi penampungan Rohingya di perbatasan Bangladesh dan Myanmar.
 
"Fokus pertemuan kali ini memang Rohingya. Para negara anggota juga akan membahas sebenarnya apa dampak dan pengaruh dari membludaknya Rohingya ini yang harus ditangani oleh Bangladesh," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir kepada awak media di Kemenlu, Jakarta, Kamis 3 Mei 2018.
 
Namun, tak hanya isu kemanusiaan Rohingya yang akan dibahas, melainkan soal Suriah dan Yaman pun bakal menjadi topik bahasan di pertemuan ke-45 ini.
 
"Kunjungan akan dilaksanakan pada 4 Mei, sebelum KTM. Mereka akan melihat bagaimana keadaan Rohingya di Cox's Bazar, seperti apa kamp penampungan mereka di sana," ujar Arrmanatha.
 
Kendati demikian, Arrmanatha tak bisa memastikan apakah semua perwakilan dari negara anggota OKI akan mengunjungi Cox's Bazar.
 
Yang pasti, lanjut dia, ada kelompok kerja dari OKI yang membahas soal Rohingya di mana mereka pasti menyambangi kamp tersebut.
 
Hingga saat ini, Cox's Bazar dan juga Kutupalong masih menjadi kamp penampungan sementara bagi hampir satu juta Rohingya yang melarikan diri dari Rakhine State sejak 25 Agustus tahun lalu.
 
Pengembalian Rohingya dari Bangaladesh ke Myanmar pun belum terlaksana meski sudah ada kesepakatan antar dua negara tersebut.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id