Dubes Tantowi Yahya menjadi tuan rumah pertemuan perwakilan negara ASEAN dan Pasifik di Selandia Baru (Foto: KBRI Wellington).
Dubes Tantowi Yahya menjadi tuan rumah pertemuan perwakilan negara ASEAN dan Pasifik di Selandia Baru (Foto: KBRI Wellington).

Memperkuat Peran ASEAN di Negara Kepulauan Pasifik

Internasional asean pasifik
03 Mei 2018 21:35
Wellington: Negara-negara di Kepulauan Pasifik akhir-akhir ini menjadi perhatian, khususnya setelah semakin besarnya pengaruh Tiongkok di kawasan tersebut.
 
Paling tidak ini yang pernah disampaikan oleh Australia dan Selandia Baru, dua negara yang selama ini menjadi sahabat terdekat sebagian besar negara di kawasan tersebut.
 
Menyadari semakin pentingnya posisi negara-negara di kawasan ini, kepala-kepala perwakilan negara-negara ASEAN di Wellington dibawah kordinasi Dubes Indonesia, Tantowi Yahya, Rabu, 2 Mei mengadakan pertemuan bilateral.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertemuan juga dihadiri oleh perwakilan tinggi Samoa, Fiji, Vanuatu, Salomon Islands, Tuvalu, Cook Islands dan Nieu. Sedangkan dari ASEAN hadir Komisi Tinggi Singapura dan Malaysia serta Dubes Thailand, Filipina, Vietnam dan Indonesia.
 
Pertemuan yang berlangsung di KBRI Wellington ini membahas isu-isu aktual yang terjadi di dua kawasan maupun di masing-masing negara dari mulai rumor akan dibangunnya pangkalan militer Tiongkok di Vanuatu sampai dengan Badai Siklon Gita yang melanda Samoa dan Tonga baru-baru ini.
 
"Karena kondisi geografisnya, negara-negara di Pasifik Selatan hidup dalam keterbatasan sumber daya alam, jauh dari pusat ekonomi dan rentan dengan bencana alam dan dampak perubahan lingkungan. Dalam bebagai skema yang ada, ASEAN telah memberikan berbagai bantuan antara lain kerjasama di bidang peningkatan kapasitas khususnya di bidang penanggulangan bencana, maritim dan pariwisata," ujar Dubes Tantowi Yahya, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Kamis 3 Mei 2018.
 
Memperkuat Peran ASEAN di Negara Kepulauan Pasifik
Pertemuan perwakilan negara ASEAN dengan negara Pasifik di Selandia Baru (Foto: KBRI Wellington).
 
Dalam kesempatan ini, Perwakilan Tinggi Samoa, Leasi Tommy Scanlan mengucapkan terima kasih kepada Indonesia atas bantuan dua ambulans yang telah diserahkan langsung oleh utusan Presiden, Muhammad Lutfi di Apia beberapa waktu lalu. "Dalam waktu dekat ini, Indonesia juga akan mengirim beberapa pelatih IT ke negara tersebut untuk memberikan pelatihan kepada penyelenggara pemerintah dan generasi muda dalam menyongsong Samoa sebagai pusat telelomounikasi di Pasifik Selatan sebelum 2024," imbuh Tantowi.
 
Tantowi yang pada periode ini menjabat sebagai Ketua kepala-kepala perwakilan negara-negara Asean di Wellington menggarisbawahi pentingnya dibangun komunikasi reguler dengan negara-negara di Pasifik Selatan.
 
"Forum ini penting ditengah keinginan kita untuk saling merangkul dalam rangka menciptakan saling pengertian yang lebih baik," jelas Tantowi.
 
Di luar ekonomi, banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan negara-negara di Pasifik Selatan sebagai kawasan yang bangsanya memiliki banyak kesamaan dengan bangsa-bangsa di Asean. "Ini peluang bagi kita untuk mendapatkan tempat khusus di hati mereka disamping Australia dan Selandia Baru yang selama ini mereka kenal sebagai big brother," pungkasnya.
 
Indonesia sendiri aktif di berbagai forum di Pasifik seperti Pacific Islands Forum (PIF) dan Melanesian Spearheads Group (MSG), dua forum ekonomi dan peningkatan kesejahteraan yang sering dimanfaatkan oleh Kelompok separatis Papua untuk kampanye kemerdekaan Papua. Di kedua forum ini Indonesia aktif berkontribusi ide dan pemikiran dalam menjadikan Pasifik sebagai kawasan yang maju secara ekonomi dan demokrasi.
 

(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif