Otoritas Tiongkok telah memusnahkan lebih dari 17 ribu ayam di Hunan, Sabtu 1 Februari 2020. (Foto: AFP)
Otoritas Tiongkok telah memusnahkan lebih dari 17 ribu ayam di Hunan, Sabtu 1 Februari 2020. (Foto: AFP)

Wabah Flu Burung Muncul di Dekat Pusat Penyebaran Korona

Internasional flu burung virus korona
Willy Haryono • 03 Februari 2020 09:08
Hunan: Pemerintah Tiongkok mendeteksi wabah flu burung di dekat pusat penyebaran virus korona tipe Novel Coronavirus (2019-nCoV). Flu burung itu terdeteksi di Hunan yang berbatasan dengan Hubei, provinsi awal mula munculnya virus korona nCoV.
 
"Wabah terjadi di sebuah peternakan di distrik Shuangqing di kota Shaoyang," ucap sejumlah pejabat dari Kementerian Pertanian Tiongkok, dilansir dari laman NZ Herald, Senin 3 Februari 2020.
 
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), flu burung ditimbulkan virus H5N1. Ini merupakan penyakit pernapasan akut yang melanda sistem pernapasan sejumlah jenis unggas dan burung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah mendeteksi kemunculan wabah di Hunan, otoritas setempat mengaku telah memusnahkan 17.828 ayam di Shuangqing. Meski flu burung tidak mudah menular ke manusia, WHO memperingatkan sejumlah negara untuk tetap waspada karena virus H5N1 dapat bermutasi dan menjadi lebih berbahaya.
 
Flu burung bersifat mematikan jika diderita manusia, dengan tingkat kematian mencapai 60 persen dari total kasus penyakit tersebut dalam 15 tahun terakhir. Angka tersebut jauh lebih kecil dibanding Sindrom Pernapasan Akut Berat (SARS) di angka 10 persen, dan korona virus nCoV 2 persen.
 
Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan data terbaru virus korona per Senin ini, yakni 361 kematian dan total infeksi mencapai 17.200 di seantero Negeri Tirai Bambu.
 
Virus korona juga bermunculan di sedikitnya 25 negara lain, seperti Jepang, Thailand, Australia, Prancis, Jerman hingga Amerika Serikat. WHO telah mendeklarasikan status darurat virus korona nCoV pada Januari lalu.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif