Menlu Retno Marsudi di acara Regional Conference on Digital Diplomacy, di Jakarta, Selasa 10 September 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)
Menlu Retno Marsudi di acara Regional Conference on Digital Diplomacy, di Jakarta, Selasa 10 September 2019. (Foto: Medcom.id/Sonya Michaella)

Kemenlu Dorong Optimalisasi Diplomasi Digital untuk Lindungi WNI

Internasional kemenlu diplomasi luar negeri
Sonya Michaella • 10 September 2019 11:36
Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyatakan bahwa diplomasi digital dapat dioptimalkan untuk melindungi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di luar negeri.
 
Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Luar Negeri RI adalah membuat Portal Peduli WNI, sebuah sistem terintegrasi secara digital untuk semua diaspora Indonesia.
 
"Selain itu, kami juga memiliki aplikasi Safe Travel sebagai bekal WNI yang akan berwisata ke luar negeri maupun yang sedang tinggal di luar negeri," kata Retno, dalam pidatonya di acara Regional Conference on Digital Diplomacy, di Jakarta, Selasa 10 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, aplikasi Safe Travel juga dilengkapi informasi konsuler dari KBRI atau KJRI setempat, serta layanan darurat jika WNI mendapatkan kesusahan atau masalah di negara yang mereka kunjungi.
 
"Keduanya kami bangun atas asas internet untuk proteksi dan menyediakan informasi serta bisa diakses secara real-time untuk meningkatkan layanan kami untuk WNI di dalam maupun luar negeri," ungkap Retno lagi.
 
Tak hanya itu, diplomasi digital juga dapat dioptimalkan untuk memajukan kerja sama ekonomi serta dapat membuka lebih banyak lagi kesempatan bekerja sama di bidang ekonomi digital.
 
"Dengan proyeksi USD6,5 triliun di 2022, sektor digital ini akan menjadi 'rumah baru' untuk ekonomi masa depan dunia," tuturnya.
 
Menlu Retno juga mengungkapkan, diplomasi digital dapat digunakan untuk pembangunan, misalnya menyediakan akses internet untuk rakyat guna meningkatkan infrastruktur, finansial, sosial budaya dan aspek institusional.
 
Saat ini, miliaran orang di seluruh dunia menggunakan internet dengan rata-rata penggunaan enam jam sehari. Tercatat pula 1,8 miliar orang di dunia menggunakan sosial media.
 
Di Indonesia, terdapat 150 juta akun sosial media yang aktif, dengan mayoritas penggunanya adalah generasi muda dan milenial.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif