Kantor media Xinhua dirusak. (Foto: AFP)
Kantor media Xinhua dirusak. (Foto: AFP)

Surat Kabar Tiongkok Kritik Ulah Pedemo Hong Kong

Internasional hong kong Protes Hong Kong
Sonya Michaella • 04 November 2019 10:59
Beijing: Demonstrasi dan kerusuhan Hong Kong menjadi tajuk utama media pemerintah Tiongkok, China Daily. Media ini juga mendesak pihak berwenang untuk tegas menindak para pedemo yang merusak bangunan.
 
Desakan ini muncul usai kantor media Tiongkok, Xinhua, di Hong Kong, dirusak oleh sejumlah pengunjuk rasa, Minggu kemarin.
 
"Mereka adalah pedemo gagal. Pejuang demokrasi tidak seharusnya merusak kantor media," sebut China Daily, dikutip dari Channel News Asia, Senin 4 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, harian Global Times yang dikelola pemerintah Tiongkok juga mengkritik ulah demonstran Hong Kong.
 
"Karena adanya logo Xinhua yang merupakan media Tiongkok, perusakan ini tidak hanya sebuah provokasi terhadap Hong Kong, tetapi juga kepada pemerintah pusat Tiongkok yang merupakan tujuan utama para pedemo," tulis harian itu.
 
Tak hanya kantor Xinhua, pedemo juga membakar sejumlah stasiun metro atau MTR termasuk beberapa toko dan kedai kopi asal Amerika Serikat, Starbucks.
 
Demonstrasi ini telah berlangsung selama kurang lebih lima bulan. Unjuk rasa yang awalnya menentang RUU Ekstradisi Tiongkok kini berubah menjadi tuntutan agar Hong Kong tak lagi diperintah oleh Tiongkok.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif