Yudi Latif (kiri) saat menjadi pembicara di International Islamic University Malaysia (IIUM), Minggu 27 Oktober 2019. (Foto: Instagram/Yudi Latif)
Yudi Latif (kiri) saat menjadi pembicara di International Islamic University Malaysia (IIUM), Minggu 27 Oktober 2019. (Foto: Instagram/Yudi Latif)

Yudi Latif: Muslim Modern Terlalu Terobsesi pada Ritual

Internasional indonesia-malaysia islam
Willy Haryono • 28 Oktober 2019 06:19
Selangor: Obsesi terhadap dimensi eksterior agama Islam dan kehidupan setelah kematian telah menghambat kemajuan dari peradaban Muslim global. Demikian disampaikan cendekiawan Yudi Latif.
 
Berbicara di International Islamic University Malaysia (IIUM) pada Minggu 27 Oktober 2019, Yudi menyebut berbagai peradaban Islam di masa lalu telah memperkuat diri dengan belajar dari beragam kebudayaan lain.
 
Namun saat ini, Yudi menilai banyak Muslim modern -- termasuk di Indonesia -- yang terlalu fokus pada ekspresi eksterior agama Islam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya rasa etos yang menyebar di dunia Muslim saat ini terlalu menekankan pada dimensi eksterior agama, yakni hanya berkutat seputar formalitas, simbolisme dan ritualisme," tutur Yudi, dikutip dari laman malaysiakini.
 
Ia berbicara di IIUM bersama Anwar Ibrahim, Ketua Parti Keadilan Rakyat (PKR) dan pemimpin koalisi Pakatan Harapan.
 
Setelah dari acara di IIUM, Yudi memberikan ceramah di depan jamaah pengajian Nuril Anwar di rumah Anwar Ibrahim.
 
Yudi Latif: Muslim Modern Terlalu Terobsesi pada Ritual
Yudi Latif (kiri) saat berada di rumah Anwar Ibrahim. (Foto: Instagram/Yudi Latif)
 
Yudi Latif mengundurkan diri dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pada Juni 2018. Ia mundur usai menduduki jabatan tersebut selama satu tahun.
 
Alasan pengunduran diri Yudi adalah urusan keluarga. Presiden Joko Widodo menerima dan menghargai pengunduran diri Yudi.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif