Polandia Puji Peran Indonesia di ASEAN
Menlu Retno Marsudi (kanan) berjabat tangan dengan Menlu Polandia Jacek Czaputowicz di Kemenlu RI, Jakarta, Senin 26 November 2018. (Foto: Sonya Michaella)
Jakarta: Menteri Luar Negeri Polandia Jacek Czaputowicz memuji peran Indonesia yang konsisten di kawasan dan juga ASEAN. Ia menilai Indonesia adalah panutan bagi negara-negara di Asia Tenggara.

"Indonesia adalah role model di Asia Tenggara. Peran Indonesia sangat konsisten di sejumlah bidang, salah satunya maritim,” kata Czaputowicz, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin 26 November 2018.

Menurutnya, Indonesia merupakan mitra penting Polandia di kawasan Asia Tenggara. "Tujuan saya ke sini tentunya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi,” lanjut dia.


Selain itu, Czaputowicz juga memaparkan terkait bantuan pinjaman dana Polandia ke Perusahaan Listrik Negara (PLN) Indonesia untuk pembangunan pembangkit listrik di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baca: Polandia Butuh 20 Ribu Tenaga Kerja Indonesia

"Ada dua pembangkit listrik, masing-masing berkekuatan 50 megawatt. Jadi totalnya adalah 100 megawatt," ucap dia lagi.

Menlu Czaputowicz juga mendiskusikan sejumlah isu politik kawasan dan global dengan Menlu Retno Marsudi. Ia berharap, Indonesia bisa memainkan peran dengan baik sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB mulai tahun depan.

Ini merupakan kali pertama seorang Menlu dari Polandia berkunjung ke Indonesia dalam 21 tahun. Kunjungan terakhir Menlu Polandia ke Indonesia tercatat berlangsung pada 1997.

Bagi Menlu Czaputowicz, Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi destinasi kunjungan kerja perdananya.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id