Malaysia Habiskan Rp12 Miliar Rawat Kapal 1MDB
Kapal pesiar Equanimity yang dibeli dari uang korupsi 1MDB. (Foto: Asia One)
Kuala Lumpur: Usai menyita sebuah kapal pesiar mewah yang terkait skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB), kini Malaysia harus merogoh kocek sekitar 3,5 juta Ringgit atau setara Rp12 miliar untuk perawatannya.

Kapal pesiar ini disebut-sebut milik Jho Low, tokoh kunci 1MDB yang hingga saat ini masih buron. Kapal pesiar bernama Equanimity ini disita pada Agustus 2018.

"Uang tersebut dipakai untuk membayar layanan pelabuhan, pungutan resmi dan membayar awak untuk merawat kapal," kata Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng, dikutip dari Asia One, Jumat 23 November 2018.


Baca: Penyidik Periksa 34 Awak Kapal Equanimity

Lim membeberkan pendanaan tersebut kepada Parlemen Malaysia. Biaya dihitung per 10 Oktober 2018. Sebelumnya, anggota Parlemen Tanjung Karang meminta pemerintah melaporkan status Equanimity.

Menurut Lim, 1MDB telah memperoleh perintah pengadilan untuk menunjuk Winterbothams sebagai pengawas kapal pesiar. Selain itu, ada pula Burgess sebagai perantara tunggal untuk membantu penjualan dan proses pemasaran.

Equanimity diduga dibeli dengan menggunakan uang perusahaan 1MDB yang juga menyeret mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Saat ini, Equanimity berada di Pelabuhan Port Klang, Malaysia, setelah berlayar dari Batam, Indonesia.




(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id