Virus dari Flu Babi Afrika (ASF) tidak menular kepada manusia. (Foto: POOL/AFP/File)
Virus dari Flu Babi Afrika (ASF) tidak menular kepada manusia. (Foto: POOL/AFP/File)

Ancaman Flu Afrika, Hong Kong Musnahkan 6.000 Babi

Internasional flu babi
Willy Haryono • 11 Mei 2019 13:16
Hong Kong: Hong Kong berencana memusnahkan sekitar 6.000 babi setelah kasus pertama Flu Babi Afrika (ASF) ditemukan di sebuah hewan di rumah pemotongan dekat perbatasan Tiongkok.
 
Sophia Chan, Menteri Makanan dan Kesehatan Hong Kong, mengatakan bahwa virus penyakit ini ditemukan di seekor babi yang diimpor dari sebuah peternakan di provinsi Guangdong, Tiongkok.
 
Chan mengatakan pemusnahan diperlukan sehingga operasi pembersihan dan penyemprotan disinfektan dapat dilakukan di sejumlah tempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menambahkan aktivitas di rumah pemotongan Sheung Shui akan dihentikan sementara hingga penyemprotan disinfektan selesai dilakukan.
 
"Kami akan meningkatkan pengawasan dan juga memeriksa seluruh babi. Saat ini, kami telah mengumpulkan sampel dari babi terjangkit ASF untuk diuji coba lebih lanjut," sebut Chan, dilansir dari laman Guardian, Sabtu 11 Mei 2019.
 
"Di masa mendatang, kami akan meningkatkan pengambilan sampel untuk diuji coba," lanjut dia.
 
Pasokan daging babi di wilayah Hong Kong yang berbatasan dengan Tiongkok akan dikurangi untuk sementara. Namun Chan menyebut masih akan ada pasokan babi hidup dari beberapa rumah pemotongan.
 
Pada setiap harinya, Hong Kong rata-rata mengimpor 4.000 babi hidup dari Tiongkok.
 
Berbeda dari flu babi biasa, ASF tidak dapat menular kepada manusia. Chan menegaskan daging babi yang dimasak dengan baik relatif aman untuk dikonsumsi.
 
Kekhawatiran mengenai mewabahnya ASF di Amerika Serikat telah membuat ajang World Pork Expo yang dijadwalkan di Iowa pada Juni mendatang dibatalkan.
 
Denmark telah membangun pagar sepanjang 70 kilometer di wilayah yang berbatasan dengan Jerman untuk mencegah masuknya babi liar. Pembangunan pagar merupakan bentuk antisipasi Denmark dalam mencegah wabah ASF.
 
Rusia terkena dampak parah ASF, dan sejumlah pihak berspekulasi mungkin wabah di Tiongkok saat ini berasal dari Negeri Beruang Merah.
 
Baca:Cegah Flu Babi Afrika, Denmark Bangun Pagar Perbatasan
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif