Menlu Retno Marsudi menerima Menlu Guatemala Sandra Erica Jovel Polanco di Gedung Pancasila, Selasa 10 Desember 2019. Foto: Medcom.id/Fajar Nugraha
Menlu Retno Marsudi menerima Menlu Guatemala Sandra Erica Jovel Polanco di Gedung Pancasila, Selasa 10 Desember 2019. Foto: Medcom.id/Fajar Nugraha

Buka Kedutaan di Jakarta, Guatemala Incar Kerja Sama Komersial

Internasional Indonesia-Guatemala
Fajar Nugraha • 10 Desember 2019 13:56
Jakarta: Guatemala membuka kedutaan besarnya di Jakarta. Pembukaan ini meningkatkan kerja sama kedua negara terutama dalam bidang ekonomi.
 
Pembukaan kantor kedutaan besar ini akan dihadiri langsung oleh Menteri Luar Negeri Guatemala Sandra Erica Jovel Polanco.
 
“saya sangat menyambut baik dan menyampaikan selamat kepada Menlu Jovel atas pembukaan kembali Kedutaan Besar Guatemala di Jakarta,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Bersama dengan Menlu Jovel, saya akan hadir di pembukaan Kedubes di Jakarta nanti malam. Kedubes Guatemala akan menjadi kedubes negara sahabat yang ke-106 di jakarta dan yang ke-14 dari negara Amerika Latin dan Karibia,” imbuhnya.
 
Kunjungan Menlu Jovel memang sangat berkesan, karena ini adalah kunjungan pertama Menlu Guatemala sejak pembukaan hubungan diplomatik kedua negara sejak 1992 atau sejak 27 tahun yang lalu.
 
“Bagi Guatemala, kami kembali di Indonesia dan membuka kembali kedutaan di Jakarta. Pembukaan ini ditujukan memperkuat kerja sama bilateral, tapi bukan hanya diplomatik tapi juga dari sisi komersial,” sebut Menlu Jovel.
 
“Kita memiliki kesempatan untuk menjalankan kembali hubungan erat,” tutur Menlu Jovel.
 
Ternyata sebelumnya Guatemala pernah membuka kedutaannya di Jakarta pada 1992. Namun operasi kedutaan ditutup pada 1993, atau satu tahun setelah beroperasi.
 
“(Pada 1993 Kedutaan Guatemala) ditutup karena masalah ekonomi,” penjelasan yang diberikan Pelaksana tugas Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemenlu RI Teuku Faizasyah.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif