Kim Jong-Un Pamer Senjata Taktis Terbaru Korea Utara
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un awasi uji coba sistem senjata taktis terbaru. (Foto: AFP).
Seoul: Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un mengawasi uji coba senjata taktis terbaru. Menurutnya senjata ini merupakan bentuk unjuk kemampuan pertahanan di kawasan.

“Hasil uji hari ini merupakan justifikasi kebijakan partai yang fokusnya kepada ilmu dan teknologi pertahanan. Ini merupakan bentuk unjuk kemampuan pertahanan kami yang terus meningkat,” ujar Kim kepada kantor berita KCNA, seperti dikutip AFP, Jumat, 16 November 2018.

“Uji coba tersebut juga merupakan perubahan mendasar dalam memperkuat kemampuan tempur militer kami,” jelas Kim.


KCNA mengatakan, uji coba itu berhasil dilakukan. Sementara menurut Kim, sistem persenjataan yang diuji tersebut merupakan yang menjadi ketertarikan dari ayahnya, Kim Jong-il dan memimpin pengembangan sistem persenjataan itu secara Pribadi.

Laporan ini merupakan yang pertama kali disebut oleh media Korut dalam pengembangan senjata baru dilakukan dalam beberapa bulan terakhir. Korut sudan tidak melakukan uji coba senjata nuklir atau rudal balistik sejak tahun lalu. Dalam penampilan di muka publik, Kim Jong-un lebih memilih pada kunjungan yang berbau ekonomi dibanding militer.

Adapun kedatangan Kim ke lokasi uni coba tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan usai pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Juni. Kedua pemimpin separat untuk bekerja sama menuju denuklirisasi dan perdamain di Kawasan Semenanjung Korse.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS Heather Nauert sendiri menegaskan bahwa Amerika tetap yakin atas janji Kim Jong-un yang disampaikan kepada Presiden Trump dalam pertemuan di Singapura Juni lalu.  Dia yakin tujuan dari pertemuan itu akan dipenuhi meskipun uji senjata.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id