KBRI Singapura Pimpin Misi Bisnis ke Bandung
Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya (tengah) dengan beberapa pengusaha Singapura. (Foto: Dok. KBRI Singapura)
Bandung: Setelah peluncuran rute Singapura-Tanjung Pandan pada Oktober lalu, kini maskapai Garuda Indonesia membuka rute penerbangan Singapura-Bandung. Penerbangan perdana juga disaksikan langsung oleh Duta Besar RI di Singapura, Ngurah Swajaya.

Selain mengikuti penerbangan perdana, Dubes Ngurah juga memimpin misi bisnis dari Negeri Singa. Sekitar 18 pengusaha menjajaki peluang kerja sama di Bandung.

"Bandung sangat potensial bagi kunjungan wisatawan mancanegara dan ada potensi kerja sama ekonomi lainnya. Hal ini ditunjukkan dengan dibuka rute penerbangan Singapura-Bandung," kata Dubes Ngurah, dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id, Selasa 4 Desember 2018.


Dengan adanya penerbangan langsung dan regular tersebut, aksesibilitas Bandung dan Jawa Barat semakin terbuka bagi pelaku usaha dan wisatawan Singapura.

Dari sisi investasi, total realisasi investasi Singapura di Jawa Barat sampai dengan kuartal ketiga 2018 sebesar USD1.064 milyar untuk 620 proyek.

Untuk Bandung sendiri, total realisasi investastasi Singapura bernilai USD3.393 juta untuk 32 proyek. Secara keseluruhan, untuk periode Januari-September 2018, total realisasi nilai investasi Singapura mencapai USD6,70 milyar, meningkat 10 persen dari periode yang sama tahun 2017, yaitu USD6,12 milyar.

Sedangkan di sektor pariwisata, jumlah wisatawan asal Singapura ke Indonesia pada Januari-Juli 2018 mencapai 929.106 orang, atau naik 9.6 persen dibanding periode yang sama tahun 2017.

Dubes Ngurah juga menjelaskan bahwa kunjungan misi bisnis juga didukung oleh Bank Indonesia perwakilan Singapura dan Jawa Barat. Hal ini menunjukkan upaya yg sinergis dilakukan KBRI Singapura dengan berbagai pemangku kepentingan terkait, termasuk BUMN di Singapura untuk merealisasikan berbagai program dan sasaran kerja sama bidang ekonomi oleh Pemerintah Indonesia. 

"Berbagai kerja sama konkret yg akan dibahas dalam kunjungan ini mencakup bidang-bidang mulai dari potensi ekspor sayur dan buah organik dari Jawa Barat hingga kerja sama bidang ekonomi digital dan kerja sama lainnya untuk merealisasikan berbagai kesepakatan dan target yg telah dihasillan pertemuan retreat antara Presiden Joko Widodo dengan PM Singapura di Bali, Oktober lalu," ungkapnya. 



(DRI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id