RI dan Polandia Bahas Rute Penerbangan Warsawa-Denpasar
Menlu Retno Marsudi (kanan) berdiskusi dengan Menlu Polandia Jacek Czaputowic di Kemenlu RI, Jakarta, Senin 26 November 2018. (Foto: Sonya Michaella)
Jakarta: Memperkuat kerja sama ekonomi menjadi salah satu kesepakatan yang dicapai Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menlu Polandia Jacek Czaputowicz. Penguatan kemitraan ekonomi ini dapat ditingkatkan melalui sektor pariwisata.

“Indonesia dan Polandia sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, termasuk bisnis, investasi dan melebarkan akses kedua negara,” kata Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri RI, Senin 26 November 2018

"Kami juga membahas pembukaan penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar, serta kerja sama ekonomi Indonesia dengan Uni Eropa,” lanjut dia.


Baca: Polandia-Indonesia Buka Kesempatan Kerja Sama Maritim dan Energi

Menlu Retno menyebut bahwa nilai perdagangan Indonesia dan Polandia meningkat sekitar 24,8 persen antara Januari hingga Agustus 2018 jika dibandingkan periode sama tahun lalu.

Nilai perdagangan kedua negara mencapai USD20 juta atau setara Rp289 miliar jika dibandingkan tahun lalu. 

Ini merupakan kali pertama seorang Menlu dari Polandia berkunjung ke Indonesia dalam 21 tahun. Kunjungan terakhir Menlu Polandia ke Indonesia tercatat berlangsung pada 1997.

Bagi Menlu Czaputowicz, Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang menjadi destinasi kunjungan kerja perdananya.




(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id