Pangeran Monako Puji Kepemimpinan RI di Bidang Maritim
Pangeran Monako Albert II menghadiri OOC 2018 di Nusa Dua, Bali, 29 Oktober 2018. (Foto: ANTARA FOTO/media OOC 2018/Idhad Zakaria/nym.)
Nusa Dua: Pangeran Monako Albert II memuji kepemimpinan Indonesia di bidang maritim sebagai negara kepulauan terbesar di dunia. Pernyataan disampaikan Pangeran Albert II saat menghadiri Our Ocean Conference (OOC) 2018 di Nusa Dua, Bali, Senin 29 Oktober 2018.

"OOC ini penting digelar di Indonesia, karena negara ini negara maritim. Ada banyak pulau, dan wilayah airnya juga sangat luas," tutur Pangeran Albert II.

"Saya rasa memang perlu ada kepemimpinan baik dari negara besar seperti Indonesia ini, untuk menunjukkan arah kepada negara-negara lain mengenai penanganan masalah kelautan," sambung dia.


Baca: OOC Wujud Indonesia Sampaikan Komitmen Kemaritiman

Mengikuti OOC sejak kali pertama digelar di Amerika Serikat pada 2014, Pangeran Albert II menyebut konstelasi kelautan sebagai isu penting global. Hal ini tidak terlepas dari total luas wilayah perairan dunia yang lebih besar dari daratan.

Indonesia dinilai sang pangeran memainkan peranan penting dalam menjaga potensi laut, baik di kawasan maupun di kancah internasional.

"Sangat baik Indonesia menggelar konferensi ini sebagai langkah penting ke depan, untuk memahami lebih baik potensi dari laut kita," sebut Pangeran Albert II.

Ditanya mengenai keanggotaan Indonesia sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Pangeran Albert mengharapkan sepak terjang RI di tahun depan. "Saya rasa bagus ada suara independen di antara negara anggota DK PBB lainnya," kata Pangeran Albert II.

"Kita semua mengharapkan dunia yang lebih stabil dan damai. Semoga dengan Indonesia di DK PBB, kiita bisa mewujudkan hal tersebut," tutup dia.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id