Badai siklon Fani (Foto:AFP)
Badai siklon Fani (Foto:AFP)

Badai Fani Paksa India Evakuasi 780 Ribu Warga

Internasional india
Arpan Rahman • 02 Mei 2019 16:02
New Delhi: Hampir 800 ribu orang di beberapa distrik di pantai timur India telah dievakuasi menjelang kedatangan angin topan besar. Badai itu diperkirakan memiliki kecepatan angin hingga 200 kilometer per jam.
 
Badan Cuaca India mengatakan Badai Siklon Fani yang sangat dahsyat ditaksir akan mendarat pada Jumat sore di dekat kota suci Puri.
 
Seorang pejabat Departemen Keselamatan Negara mengatakan kepada AFP bahwa 780 ribu orang dipindahkan ke tempat-tempat yang lebih aman dalam semalam dari setidaknya 13 distrik di negara bagian Odisha yang akan menjadi wilayah dengan dampak terbesar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lebih banyak orang lagi dipindahkan ke tempat-tempat yang lebih aman," kata seorang pejabat dari departemen itu, dilansir dari laman AFP, Kamis 2 Mei 2019.
 
Sekitar 1.000 tempat perlindungan di sekolah dan gedung pemerintah telah didirikan untuk menampung lebih dari satu juta orang.
 
Ini akan menjadi badai besar keempat yang menghantam pantai timur Negeri Bollywood tersebut dalam tiga dekade.
 
Badan Cuaca India sudah memperingatkan bahwa angin berkecepatan tinggi dapat meratakan perkebunan, merusak rumah, listrik, dan infrastruktur komunikasi bersamaan dengan banjir di daerah dataran rendah.
 
Badai seringkali melanda wilayah pantai timur dan tenggara antara April dan Desember. Pada 2017, Topan Ockhi menyebabkan hampir 250 orang tewas dan lebih dari 600 hilang di negara bagian Tamil Nadu dan Kerala.
 
Odisha mengevakuasi sekitar 300.000 orang Oktober lalu ketika daerah pesisirnya dihantam oleh topan Titli yang memiliki kecepatan angin hingga 150 km per jam.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif