Penari jalanan di Tiongkok menggunakan masker untuk menghindari polusi udara (Foto: AFP)
Penari jalanan di Tiongkok menggunakan masker untuk menghindari polusi udara (Foto: AFP)

Tiongkok Siap Perangi Polusi Beracun

Internasional polusi tiongkok
Arpan Rahman • 09 Januari 2017 18:15
medcom.id, Beijing: Sebuah tim yang baru dibentuk terdiri dari polisi lingkungan akan mencoba untuk mengurangi tingkat bahaya asap beracun yang melanda Beijing.
 
"Polisi akan mencari sumber-sumber lokal polusi udara, termasuk barbekyu di ruang terbuka, dan jalan berdebu," kata Walikota Cai Qi kepada kantor berita pemerintah Xinhua.
 
Walikota juga berjanji mengurangi konsumsi batubara sebesar 30 persen tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banyak warga terpaksa tinggal di rumah mereka selama berhari-hari pada suatu kurun waktu agar terhindar dari menghirup udara beracun.
 
Masyarakat telah menyerukan pemerintah supaya berbuat lebih banyak buat mengatasi sumber utama kabut asap, termasuk mengurangi ketergantungan Tiongkok pada pembangkit listrik tenaga batu bara, sumber utama listrik di negara ini.
 
Para pejabat mengatakan kondisi cuaca yang tidak menguntungkan di ibukota telah mencegah polutan dari penyebaran.
 
"Barbekyu terbuka, pembakaran sampah, pembakaran biomassa, debu dari jalanan, tindakan-tindakan tidak patuh terhadap peraturan sebenarnya hasil dari pengawasan yang longgar dan penegakan hukum yang lemah," seru Cai dikutip oleh Xinhua, dilansir BBC, Senin (9/1/2017).
 
"Pembangkit listrik tenaga batu bara kota akan ditutup setelah musim dingin, ketika konsumsi meningkat untuk pemanasan," tambah Cai.
 
Menurut Xinhua, sebanyak 300.000 kendaraan tua yang tinggi polusinya akan dihapus. Pabrik-pabrik penyebar polusi akan ditutup dan sekitar 2.000 pabrik lainnya akan ditingkatkan untuk memenuhi standar lebih tinggi dalam penanganan polusi.
 
Otoritas Beijing sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai memasang pemurni udara di beberapa sekolah kota dan taman kanak-kanak. Semua sekolah itu sudah diperintahkan untuk menghentikan seluruh kegiatan di luar ruangan.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif