Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella
Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan. Foto: Medcom.id/Sonya Michaella

Dubes Donovan Rahasiakan Rencana Jokowi ke AS

Internasional ktt asean joko widodo donald trump
Sonya Michaella • 05 November 2019 16:21
Jakarta: Absen di KTT ASEAN di Thailand, sebagai gantinya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengundang 10 pemimpin negara ASEAN, termasuk Presiden RI Joko Widodo untuk berkunjung ke AS.
 
“Ya (benar). Presiden Trump mengundang 10 pemimpin negara ASEAN untuk berkunjung. Secara khusus, Presiden Trump juga mengundang Presiden Jokowi ke AS,” kata Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan, di Jakarta, Selasa 5 November 2019.
 
Namun, Donovan masih merahasiakan apakah pertemuan antara Trump dengan ASEAN dan Trump dengan Jokowi terpisah atau tidak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Masih dibahas. Untuk waktu dan tempat juga masih dibahas,” ungkap Donovan.
 
Trump terbukti sudah dua kali melewatkan KTT ASEAN dalam dua tahun terakhir. Pada 2018, dia menugaskan Wakil Presiden Mike Pence untuk datang.
 
Sumber internal Gedung Putih membantah mereka sengaja tidak datang tahun ini dan berdalih bahwa Trump dan Pence tengah fokus kepada kampanye pemilihan gubernur.
 
Saat KTT AS-ASEAN, hanya tiga pemimpin negara yang hadir sementara sisanya hanya diwakili oleh menteri luar negeri masing-masing, yaitu Thailand, Vietnam, dan Laos.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif