Polisi menjaga dengan ketat Masjid Al Noor, di Christchurch, Selandia Baru usai serangan teror. (Foto: AFP).
Polisi menjaga dengan ketat Masjid Al Noor, di Christchurch, Selandia Baru usai serangan teror. (Foto: AFP).

Ucapan Duka Mengalir dari Seluruh Dunia untuk Selandia Baru

Internasional Penembakan Selandia Baru
Fajar Nugraha • 15 Maret 2019 18:57
Christchurch: Serangan teror yang melanda Masjid Al Noor dan di Linwood, Christchurch, Selandia Baru telah memicu kecaman dari dunia. Mulai dari Presiden Joko Widodo dan Ratu Inggris turut bersuara.
 
Baca juga: Duka Presiden untuk Korban Penembakan Selandia Baru.
 
Insiden ini telah menewaskan 49 orang dan melukai 48 lainnya pada Jumat 15 Maret 2019. Empat orang sudah berhasil ditangkap, termasuk seorang warga Australia yang melakukan penembakan brutal di Masjid Al Noor.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden Joko Widodo menyampaikan duka yang mendalam kepada korban aksi teror, saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.
 
"Terlepas siapa pelakunya, kita sangat mengecam aksi seperti itu. Dan kita pemerintah Indonesia menyampaikan duka yang mendalam kepada korban aksi tersebut," kata Jokowi.
 
Sebelumnya Menlu Retno Marsudi mengecam keras tindakan serangan tersebut. Menurutnya Indonesia jelas mengecam aksi penembakan seperti ini, apalagi di rumah ibadah ketika salat Jumat sedang dilaksanakan.
 
Baca juga: Menlu Retno Kecam Penembakan di Masjid Selandia Baru.
 
Ratu Inggris Elizabeth II sebagai Kepala Negara Selandia Baru mengatakan sangat terpukul dengan aksi teror terhadap dua masjid itu.
 
“Sedih mendengar atas kejadian memilukan di Christchurch. Dalam waktu tragis ini, doa dan pikiran saya tertuju kepada rakyat Selandia Baru,” pesan Ratu Elizabeth.
 
“Pangeran Phillip dan saya mengucapkan turut berbelasungkawa atas keluarga dan rekan dari mereka yang menjadi korban,” imbuhnya.
 
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melihat serangan teror di Selandia Baru sebagai bukti kebencian terhadap Muslim sudah mencapai pada level melewati batas. Menurutnya kejadian ini menunjukkan kebencian yang berujung kepada pembunuhan massal.
 
Presiden Rusia Vladimir Putin menilai pelaku penyerangan pantas diberikan hukuman berat. “Serangan terhadap warga yang tengah berdoa adalah tindakan kejam dan sinis. Saya harap pelakunya bisa dihukum berat,” tegas Putin.
 
Presiden Komisi Uni Eropa Donald Tusk menilai serangan ini sebagai bentuk tindakan brutal. Serangan brutal ini menurut Tusk, tidak akan menghilangkan toleransi dan keamanan yang sangat dikenal dari Selandia Baru.
 
Perdana Menteri Inggris pun mengucapkan duka atas serangan teror yang terjadi Di Christchurch. “Doa saya untuk mereka yang menjadi korban serangan kekerasan yang menjijikan ini,” sebut PM Theresa May.
 
Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas mengatakan, negaranya berduka atas serangan brutal di Christchurch. Sedangkan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez turut mengucapkan duka kepada korban, keluarga, serta rakyat dan Pemerintah Selandia Baru atas tindakan fanatik dan ekstremis yang bisa merusak tatanan masyarakat.
 
Malaysia melalui Menteri di Kantor Perdana Menteri Mujahid Musof Rawa dan Presiden PKR Anwar Ibrahim mengucapkan belasungkawa mereka atas kejadian di Selandia Baru. Mereka juga mengecam tindakan teror yang terjadi terhadap warga yang tengah berdoa.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif