Jokowi-Ma’ruf Amin Fokus Pada Penguatan Peran RI di DK PBB
Anggota Komisi 1 DPR RI Fraksi Golkar Meutya Hafid membahas kebijakan luar negeri paslon Jokowi-Ma'ruf Amin di Kantor CSIS, Jakarta Rabu 21 November 2018. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).
Jakarta: Politik luar negeri bebas aktif masih menjadi fokus kebijakan luar negeri dari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Hal ini ditegaskan oleh Anggota Komisi 1 DPR RI Fraksi Golkar Meutya Hafid.

“Jokowi-Ma’ruf akan terus menjadikan Indonesia aktif dan juga ikut serta dalam perdamaian dunia,” kata Meutya, di CSIS, Jakarta, Rabu 21 November 2018.

“Polugri bebas aktif, memperkuat kepemimpinan Indonesia di ASEAN dan DK PBB serta diplpmasi perdamaian kemanusiaan untuk memperkokoh kepentingan nasional,” lanjut dia.


Meutya menambahkan, perlindungan WNI dan TKI di luar negeri masih dan akan terus menjadi fokus dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf nantinya.

“Saat ini, di pemerintahan Jokowi-JK, isu perlindungan WNI sudah menjadi fokus. Lewat Kementerian Luar Negeri RI, sudah ratusan bahkan ribuan WNI yang dievakuasi dari bencana alam dan belasan yang dibebaskan dari hukuman mati,” tutur dia.

Selain itu, Meutya menekankan harus diperdalam untuk diplomasi budaya dan diplomasi kuliner, terutama di era masa sekarang yang disebutnya era kekinian.

“Di era seperti ini, ya kita juga harus menggunakan diplomasi kekinian untuk mempromosikan Indonesia, terutama untuk budaya dan kuliner supaya dunia bisa lebih tahu soal Indonesia,” ungkap mantan jurnalis ini.

Tak ketinggalan, kemerdekaan Palestina juga akan terus diperjuangkan dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf di setiap pertemuan internasional.

Meutya juga menyebutkan sembilan visi dan misi Jokowi-Ma’ruf dalam kebijakan luar negeri Indonesia nantinya antara lain peningkatan kualitas manusia Indonesia, struktur ekonomi yang produktif dan mandiri, pembangunan merata, lingkungan hidup yang berkelanjutan, kemajuan budaya, penegakan sistem hukum bebas korupsi, perlindungan bagi segenap WNI, pengelolaan pemerintahan yang bersih, dan sinergi dengan pemerintah daerah.



(FJR)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id