Babak Baru Politik Bahrain usai Pemilu Legislatif
Duta Besar Bahrain untuk Indonesia Mohammed Ghassan Shaikho. (Foto: Marcheilla/medcom)
Jakarta: Bahrain baru saja usai melaksanakan pemilihan legislatif. Duta Besar Bahrain untuk Indonesia Mohammed Ghassan Shaikho mengatakan, banyak anggota legislatif wanita yang terpilih dalam pemilihan kali ini.

"Tahun ini kami memiliki jumlah anggota legislatif perempuan terbanyak yang terpilih. Mereka semua terpilih bukan karena gender, namun karena kemampuan mereka," ujar Shaikho kepada awak media di Hotel Gran Melia, Jakarta, Kamis 6 Desember 2018.

Dubes Shaikho mengatakan ada enam perempuan berhasil terpilih di parlemen. Sementara empat lainnya di tingkat daerah. Total ada sepuluh perempuan yang menang dalam pemilihan kali ini.

Meski jumlah tersebut tak terlalu banyak, namun menurut Shaikho ini yang terbanyak sejauh ini. Hal tersebut menunjukkan negaranya yang sangat menghormati wanita.

"Mereka terpilih karena memang kompeten, bahkan dua di antara enam anggota parlemen wanita memiliki suara terbanyak mengalahkan para lelaki," imbuh dia.

Ia menambahkan negaranya semakin berkembang jika dilihat dari hasil pemilihan kali ini. Shaikho mengatakan Bahrain merupakan negara yang semakin maju di bidang sosial dan edukasi.

"Warganya berpikiran sangat terbuka. Kami juga semakin baik di bidang ekonomi," tuturnya.

Pemilihan legislatif di Kerajaan Bahrain digelar pada November 2018. Sebanyak 40 orang terpilih untuk duduk di Parlemen dan 40 lainnya di Dewan Perwakilan Daerah.

Pemilihan dilakukan dua kali. Pertama pada 20 November dan kemudian dilanjutkan pada 24 November 2018.

Kesuksesan pemilihan kali ini tak lepas dari keyakinan akan langkah pengembangan berkelanjutan yang komprehensif yang dilakukan Raja Hamad bin Isa Al Khalifa. Dubes Shaikho percaya masyarakat dan pemerintahnya saat ini mengerti betapa pentingnya kegiatan nasional tersebut untuk masa depan bangsa.




(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id