Menlu Australia: BDF Peluang Penting Lindungi Demokrasi
Menlu Australia Marise Payne dalam acara di Beijing, Tiongkok, 8 November 2018. (Foto: AFP/THOMAS PETER)
Bali: Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne akan turut menghadiri Bali Democracy Forum ke-11. Payne menilai penting penyelenggaraan forum di mana setiap negara bisa berbagi mengenai demokrasi.

"Pada 6 Desember 2018 saya akan menghadiri Bali Democracy Forum yang ke-11, yang akan diselenggarakan oleh mitra saya Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi," sebut Menlu Payne dalam keterangannya, Rabu 5 Desember 2018.

"Bali Democracy Forum adalah sebuah peluang penting untuk melindungi dan mempromosikan keuntungan-keuntungan demokrasi dengan banyak bangsa," jelasnya.


Menlu Payne menambahkan,Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Australia menyambut kepemimpinan internasional Indonesia dalam mendorong prinsip-prinsip demokrasi dan menyoroti pentingnya demokrasi sebagai bagian dari agenda strategis kawasan kita. 

Selain itu Menlu Payne tak sabar untuk berpartisipasi dalam diskusi antara institusi demokrasi yang transparan, inklusif dan kukuh dengan kemakmuran ekonomi. 

"Demokrasi yang kokoh mendorong ekonomi yang kuat," tegas Payne.

"Indonesia adalah negara penting dalam urutan pertama bagi Australia. Kedua negara kita memiliki banyak persamaan dalam kepentingan, termasuk untuk memajukan nilai-nilai pluralisme, kebebasan berpendapat dan kesetaraan hak," tuturnya.

Bali Democracy Forum ke-11 ini berlangsung pada 6-7 Desember. Tahun tema yang diambil adalah ‘Democracy for Prosperity."

Tema kali ini berkaitan dengan tujuan dari berdirinya suatu negara. Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemenlu RI Cecep Herawan kepada Medcom.id, negara berdiri untuk kesejahteraan rakyatnya.

"Demokrasi banyak dianggap sebagai satu sistem terbaik saat ini. Dikelola negara dengan partisipasi inklusif dari masyarakat, harus mampu menjawab juga aspek dari tujuan negara dibentuk, yaitu prosperity. Nah, makanya kita ingin lihat tren demokrasi yang terus tumbuh membawa kemakmuran enggak buat rakyat?" ujar Cecep.

Baca: Demokrasi Menjawab Tantangan Kemakmuran




(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id