Jumlah pasien positif terjangkit virus Covid-19 di kapal Diamond Princess terus bertambah. (Foto: AFP).
Jumlah pasien positif terjangkit virus Covid-19 di kapal Diamond Princess terus bertambah. (Foto: AFP).

Pasien Positif Korona di Kapal Pesiar Jepang Bertambah

Internasional Virus Korona
Marcheilla Ariesta • 13 Februari 2020 12:13
Tokyo: Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengonfirmasi jumlah penumpang yang positif terjangkit virus korona Covid-19 di kapal Diamond Princess bertambah. Jumlah kasus baru dirinci sebagai 43 penumpang dan seorang kru kapal.
 
Kato menuturkan hari ini ditemukan 44 kasus positif dari 221 tes baru. Total korban positif terjangkit Covid-19 hingga siang ini mencapai 218 orang.
 
Kepada awak media, Kato mengatakan pihak berwenang sekarang ingin memindahkan para orangtua dari kapal untuk menguji negatif virus. Mereka menawarkan para orangtua tersebut untuk pindah ke tempat penginapan yang ditunjuk pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami ingin memulai operasi (evakuasi orangtua) besok atau nanti," kata Kato, dilansir dari AFP, Kamis 13 Februari 2020.
 
Kapal pesiar Diamond Princess telah ditambatkan di Jepang sejak 3 Februari lalu setelah diketahui seorang penumpang yang turun di Hong Kong bulan lalu positif terjangkit Covid-19. Ada 78 warga negara Indonesia (WNI) dalam kapal tersebut.
 
Hingga kemarin, Kementerian Luar Negeri dan KBRI Tokyo terus memantau kondisi terkini 78 kru WNI di kapal pesiar Diamond Princess, dan mereka dinyatakan sehat.
 
"Untuk menjaga komunikasi, KBRI Tokyo telah membentuk grup WhatsApp dengan para kru WNI dan memberikan bantuan logistik berupa vitamin," ucap Kemenlu RI dalam keterangan tertulis.
 
Bekerja sama dengan Kemenhub, Kemenlu telah memanggil dua perusahaan manning agency yang memberangkatkan para kru WNI untuk memastikan pelindungan bagi mereka.
 
Sesuai informasi Otoritas Jepang, jika tidak ada perkembangan lain, masa observasi kesehatan di Diamond Princess akan berakhir pada 19 Februari 2020.
 
Saat Diamond Princess tiba di Jepang, otoritas setempat memeriksa hampir 300 dari total 3.711 orang di kapal tersebut. Secara bertahap, orang-orang yang dinyatakan positif dikeluarkan dari kapal dan dibawa ke rumah sakit.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif