WNI melakukan ibadah Kota Suci Mekkah. Foto: Media Indonesia.
WNI melakukan ibadah Kota Suci Mekkah. Foto: Media Indonesia.

2 WNI Jemaah Umrah Meninggal Dunia di Pesawat saat Pulang

Internasional ibadah umrah lion air sri lanka
Marcheilla Ariesta • 16 Januari 2020 15:35
Jakarta: Dua warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan meninggal dunia dalam penerbangan Lion Air. Kedua WNI ini diketahui jemaah umrah yang tengah dalam perjalanan pulang ke Indonesia.
 
"Dua WNI jemaah umrah yang sedang dalam perjalanan pulang ke Indonesia menggunakan maskapai Lion Air telah meninggal dunia karena sakit. Pesawat mengalihkan penerbangan dan mendarat di Bandara Internasional Bandaranaike, Kolombo, Sri Lanka," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha kepada Medcom.id, Kamis 16 Januari 2020.
 
Judha mengatakan Kemenlu dan KBRI Kolombo membantu pengurusan repatriasi jenazah. Mereka juga berkoordinasi dengan otoritas terkait untuk pemulangan jenazah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan jika dua WNI itu telah dipulangkan ke Indonesia. "Dua Jenazah WNI telah tiba pagi tadi di Jakarta dan ditangani oleh Karantina Bandara dan Badan Kesehatan dan Penelitian, Kementerian Kesehatan," terangnya.
 
Pukul 14.00 WIB, jenazah diterbangkan ke Surabaya untuk kemudian diserahkan kepada keluarga. Sementara itu, penyebab kematian masih diteliti lebih lanjut oleh Kemenkes.
 
Pada Senin, 13 Januari 2020, pesawat Lion Air rute Arab Saudi-Surabaya mendarat darurat di Bandaranaike International Airport (BIA), Kolombo, Sri Lanka setelah empat penumpagnya dilaporkan sakit. Ketika petugas bandara memeriksa dua penumpang diantaranya telah meninggal dunia.
 
Menurut polisi setempat, salah satu penumpang yang meninggal adalah seorang pria berusia 64 tahun, sedangkan yang lainnya adalah wanita berusia 74 tahun. Keduanya merupakan WNI.
 
Selain dua orang meninggal dunia, ada juga dua orang penumpang lainnya yang dilaporkan jatuh sakit dan dalam kondisi kritis.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif