Delegasi Swedia mencoba sistem transportasi publik MRT di Jakarta, Selasa 19 November 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)
Delegasi Swedia mencoba sistem transportasi publik MRT di Jakarta, Selasa 19 November 2019. (Foto: Medcom.id/Marcheilla Ariesta)

Delegasi Swedia Jajal MRT Jakarta

Internasional mrt indonesia-swedia
Marcheilla Ariesta • 19 November 2019 12:00
Jakarta: Menindaklanjuti kunjungan para pemimpin transportasi massal Jakarta ke Stockholm, delegasi Swedia menjajal moda transportasi MRT di ibu kota. Kedatangan mereka didampingi Duta Besar RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro.
 
Delegasi Swedia terdiri dari Wakil Direktur Jenderal Direktorat Asia dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Cecilia Ruthstrom-Ruin, Dubes Swedia untuk Indonesia Marina Berg, dan Wakil Dubes Swedia Johan Hultquist. Mereka datang ke Indonesia untuk menghadiri Forum Konsultasi Bilateral ke-6 RI-Swedia.
 
Perjalanan MRT bersama delegasi Swedia dimulai dari Stasiun Bendungan Hilir dan berakhir di Stasiun ASEAN. Sepanjang perjalanan, Sekretaris Korporasi Kepala Divisi MRT Jakarta, Muhamad Kamaluddin, menjelaskan mengenai sistem MRT di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya juga berharap dapat belajar dari Swedia terkait MRT, khususnya dalam sistem integrasi, pertiketan, dan aspek lingkungan. Indonesia berharap adanya peluang alih teknologi dalam kerja sama ini, terutama di bidang latihan dan pendidikan, pengoperasian kereta, manajemen stasiun, perbaikan dan informasi lalu lintas.
 
Dubes Bagas Hapsoro memandang kunjungan delegasi Swedia ini sebagai sebuah kesempatan baik untuk meningkatkan hubungan dengan Swedia.
 
"Salah satu poin penting pembahasan adalah kerja sama dalam bidang transportasi, dan tentunya momentum ini sangat baik bagi perkembangan MRT dan transportasi publik di Jakarta, dan bahkan di Indonesia." ujar Dubes Bagas dikutio dari pernyataan KBRI Stockholm yang diterima Medcom.id, Selasa, 19 November 2019.
 
Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya antara Dubes RI dan para petinggi transportasi publik, yaitu MRT dan TransJakarta, di Jakarta pekan lalu. Kedua perusahaan tersebut berencana melakukan kunjungan ke Swedia pada awal Desember 2019, untuk mempelajari sistem transportasi publik yang diterapkan di Jakarta.
 
Swedia memiliki sistem transportasi publik terintegrasi di setiap kotanya. Di Stockholm, pemerintah daerah bersama operator MTR Nordik mengoperasikan jaringan terintegrasi antara Tunnelbana (kereta bawah tanah), Pendeltåg (kereta rel listrik), dan bus. Jumlah rata-rata penumpang per hari mencapai 800.000 orang.
 
Forum Konsultasi Bilateral (FKB) ke-6 RI dan Swedia akan dilaksanakan di Jakarta hari ini. Pertemuan akan membahas banyak hal terkait hubungan bilateral kedua negara.
 
Hal-hal yang akan dibahas dalam forum ini, antara lain adalah kerja sama di bidang pertahanan, riset, transportasi, hingga isu terkini seperti keberlanjutan minyak sawit.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif