Mahendra Siregar, Wakil Menteri Luar Negeri RI. Foto: Media Indonesia/Ramdani
Mahendra Siregar, Wakil Menteri Luar Negeri RI. Foto: Media Indonesia/Ramdani

Duet Retno-Mahendra di Kemenlu Perkuat Diplomasi Ekonomi

Internasional Kabinet Jokowi-Maruf menlu retno lp marsudi Mahendra Siregar
Marcheilla Ariesta • 25 Oktober 2019 14:29
Jakarta: Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS), Mahendra Siregar, dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri, mendampingi Retno Marsudi. Duet keduanya dinilai sangat baik untuk perkembangan diplomasi ekonomi Indonesia.
 
"Untuk Wamenlu, Mahendra Siregar dapat dikatakan pulang kampung. Beliau sangat cocok untuk jabatan Wakil Menteri Luar Negeri. Pilihan Presiden Joko Widodo sangat tepat," kata pengamat hubungan internasional Universitas Padjajaran, Teuku Rezasyah, kepada Medcom.id, Jumat, 25 Oktober 2019.
 
Reza berharap duet Retno-Mahendra dapat mengawal visi misi Kepresidenan ke dalam tugas pokok Kemenlu. "Guna memenangkan kepentigan nasional RI di lingkungan dunia yang sangat padat persaingan politik, dagang, investasi, ilmu pengetahuan, budaya, dan teknologi," tuturnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menambahkan diplomasi ekonomi akan semakin gencar dilakukan di bawah duet ini.
 
"Duet ini diperkirakan dapat segera membangun Diplomasi Ekonomi RI yang berkelanjutan dan berdaya saing tinggi," kata Reza.
 
"Duet ini juga diperkirakan mampu bergerak cepat, sekiranya Presiden memutuskan perlunya restrukturisasi Kemenlu, sehingga mampu menjalankan seluruh fungsi perdagangan internasional," imbuh dia.
 
Mahendra Siregar saat ini menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, yang berkedudukan di Washington DC. Pria kelahiran Jakarta, 57 tahun silam ini pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan dan Wakil Menteri Keuangan pada 2011.
 
Pada 2013, dia menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal hingga November 2014.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif