Anak-anak pengungsi Rohignya yang masih berada di Bangladesh. Foto: AFP
Anak-anak pengungsi Rohignya yang masih berada di Bangladesh. Foto: AFP

Indonesia Konsisten Berperan dalam Pemulangan Pengungsi Rohingya

Internasional bali democracy forum rohingya pengungsi rohingya
Marcheilla Ariesta • 06 Desember 2019 10:50
Nusa Dua: Indonesia memiliki posisi konsisten dalam upaya pemulangan para pengungsi Rohingya di Bangladesh. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan konsistensi Indonesia itu membuat ASEAN mengirim preleminary assessment team.
 
"ASEAN berkomitmen menindaklanjutinnya dan ASEAN akhirnya karena kita melihat tidak mungkin kalau tidak diimplementasi, dibutuhkan sebuah tim yang kuat," kata Retno di Bali Democracy Forum 2019 di Nusa Dua, Bali, Jumat 6 Desember 2019.
 
Retno menambahkan Presiden Joko Widodo juga berkomitmen jika Indonesia akan berkontribusi dalam pembentukan tim Ad Hoc di ASEAN. "Karena pembentukan task force(gugus tugas) itu perlu sumber, termasuk sumber pendanaan dan kita mengatakan, iya kita akan dukung pendirian itu," imbuhnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Retno, konitmen Presiden Jokowi itu menunjukkan konsistensi posisi Indonesia. "Apalagi kalau itu menyangkut perempuan dan negara," serunya.
 
Pemerintah Myanmar menjamin keamanan proses repatriasi etnisRohingyake Myanmar. Dubes Myanmar untuk Indonesia Ei Ei Khin Aye mengatakan repatriasi akan dilaksanakan hanya tinggal menunggu waktu.
 
"Kami telah menjanjikan keamanan bagi mereka, tapi masalahnya adalah kapan repatriasi akan dimulai," kata Ei Ei Khin Aye usai pertemuan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kantor Wapres bulan lalu.
 
Repatriasi tersebut kata Ei Ei dapat terlaksana, asalkan etnisRohingyatak meminta banyak. Jika etnis Rohingya meminta banyak hal, tentunya hal tersebut akan mempersulit proses repatriasi.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif